Selasa, 30 November 2021

Identity Revealed, Konser Virtual Menolak Menyerah pada Pandemi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Personil Muveno Band saat berlatih, bagian dari menolak menyerah pada pandemi. Foto: Fabian radio suara surabaya

Menolak menyerah pada keadaan jadi penyemangat Arek-arek Suroboyo yang tergabung di Muveno band, yang terus berkarya dan berproduksi di masa pandemi Covid-19 yang entah kapan akan segera sirna ini. Muveno memilih virtual show.

Irsan Yanuardi vokalis Muveno menyampaikan bahwa virtual show musik memang bukan hal baru saat ini. Tetapi akan semakin menarik jika kemudian ada panggung besar yang dapat digunakan untuk beraksi dan menampilkan karya-karya musik sebagai upaya menolak menyerah pada keadaaan di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pertunjukan virtual, khususnya panggung musik memang bukan hal baru saat ini. Di masa pandemi, akan jauh lebih menarik ketika muncul sebuah panggung besar yang memberikan tempat bagi musisi atau kelompok musik untuk menampilkan karya-karyanya. Utamanya di masa pandemi ini,” terang Irsan, Kamis (13/8/2020).

Muveno adalah sebuah ikhtiar positif yang diharapkan sekecil apapun mampu memberikan dampak kepada sekitar. “Bahkan kami berpikir apakah Muveno mampu memberikan dampak bagi UMKM? Tentu saja! Mungkin melalui wadah yang nanti akan kami hadirkan pada virtual show itu,” ujar Irsan.

Irsan meyakini di situasi pandemi ini, semua orang harus bergandeng tangan, saling support, saling bantu. “Jangan melihat seberapa kecil atau malah seberapa besar bisnis yang sedang dijalankan. Ini lantaran ada paradigma lama yang harus diubah, dengan harapan roda ekonomi kembali berputar,” tambah Irsan.

Anggun Satria Supanji drummmer Muveno mengingatkan bahwa virtual show yang bakal digelar nantinya memberikan kesempatan pada penonton berinteraksi melalui kanal Zoom. “Kami percaya bahwa energi positif penonton ditransferkan kepada kami dalam bentuk respon maupun ekspresi kegembiraan mereka, saat kami tampil nanti meskipun virtual,” papar Anggun.

Identity Revealed adalah judul virtual show perdana Muveno yang berpijak pada kondisi kekinian masyarakat yang tidak kondusif. Banyak orang pilih menutup diri, menolak menujukkan jari diri sebagai dampak ketidakamanan dan ketidaknyamanan karena pandemi berkepanjangan.

“Seharusnya pada kondisi ini, justru harus membuka diri atau membuktikan jati diri kita, jujur kepada diri kita sendiri, dan berani melangkah untuk menunjukkan hal yang baik kepada orang terdekat kita,” harap Anggun yang diamini Irsan.

Di awal tahun 2020, seharusnya Muveno merilis album baru ditambah beberapa jadwal konser secara live. Dan pandemi Covid-19 memporak-porandakan jadwal serta agenda itu.

Pada rilisan album kedua, tambah Irsan beberapa komposisi terkoneksi dengan kondisi kekinian. Relate dengan kondisi saat ini. “Komposisi Letter berkisah soal kontemplasi. Peaceful life yang mengajak kita untuk postif dalam pikiran dan tindakan,” tambah Irsan.

Soal pertunjukan virtual, Irsan mengatakan pasti tidak membuat penonton terpuaskan layaknya saat menyaksikan pertunjukan langsung secara live. Ada sound yang menggelegar, kerumunan penonton, sepertinya sulit tergantikan meskipun upaya maksimal bakal dilakukan pada virtual show.

“Virtual show ini adalah langkah positif Muveno menolak menyerah, menolak kalah dengan pandemi dengan cara yang positif, dengan membuat show dan berharap memberikan dampak kepada audiens. Cek dan intip IG @muvenoofficial. Semoga!!” tegas Irsan, Kamis (13/8/2020).(tok/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 30 November 2021
28o
Kurs