Rabu, 12 Agustus 2020

Isu Lingkungan Tetap Topik Menarik di Pandemi Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Maya Stolastika beserta rekannya berbincang di kebun yang dikelola di Mojokerto, Jawa Timur. Foto diambil sebelum pandemi Covid-19. Foto: Humas Astra

Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2020 berkolaborasi bersama  dengan Young On Top gelar diskusi virtual: Langkah Kecil Menjaga Kelestarian Lingkungan.

Agni Pratistha, artis sekaligus Putri Indonesia 2007, jadi satu diantara narasumber diskusi didampingi Maya Stolastika, penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2019 di bidang lingkungan sekaligus petani organik di Mojokerto, Jawa Timur.

Agni Pratistha mengajak masyarakat menerapkan perilaku-perilaku sederhana untuk melestarikan lingkungan. Mulai dari mengurangi plastik sekali pakai, sampai dengan membawa tempat minum dan peralatan makan sendiri dari rumah serta menggunakan produk perawatan kulit dan rambut yang ramah lingkungan.

“Menerapkan gaya hidup zero waste, bukanlah hal yang mudah. Tapi, saya tidak menyerah dan terus mengajak semua orang, agar kita bersama-sama melakukan gaya hidup ini demi lingkungan dan kebaikan bersama,” terang Agni.

Maya Stolastika yang mendampingi Agni menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukannya setiap pagi dengan ‘menyapa’ lingkungan seperti tanah, pagar dan tanaman-tanaman sembari berkata selamat pagi. “Aneh ya terdengarnya, tapi memang seperti itu kebiasaan kami,” kata Maya.

Tujuannya, kata Maya untuk memberi energi positif kepada semua komponen yang ada di kebun. “Prinsip kami, segala kegiatan baik yang dilakukan adalah ibadah, sehingga akan lebih baik bila kita melibatkan semua yang membantu kegiatan dalam bekerja,” tambah Maya.

Maya adalah pemilik Twelve’s Organic, sebuah komunitas yang fokus dalam menyediakan sayur dan buah organik dengan memberdayakan masyarakat desa. Ada tujuh orang yang membantunya di bagian produksi sampai distribusi. Kemudian ada 20 petani yang mengelola kurang lebih lahan seluas satu hektare.

Saat pandemi Covid-19 ini, Maya bersama tim tentu ikut merasakan dampaknya. Dampak positifnya, semakin banyak orang yang peduli dengan makanan apa yang mereka konsumsi.

Satu diantara pilihannya ialah makanan organik. Kenaikan permintaan produk-produk sayuran yang dihasilkan Twelve’s Organic hingga mencapai 200% dan muncul konsumen baru hingga 100%.

Sementara itu, sama seperti tahun sebelumnya, SATU Indonesia Awards menjaring anak muda hingga ke seluruh pelosok Indonesia yang tak kenal lelah memberikan manfaat bagi sekitarnya. Apresiasi diberikan kepada lima anak bangsa atas setiap perjuangan di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, Teknologi serta satu kategori yaitu kelompok yang mewakili bidang tersebut.

Tahun ini, Astra juga memberikan tambahan kategori apresiasi khusus kepada pejuang tanpa pamrih di tengah pandemi Covid-19. Meskipun pandemi di negeri ini belum berakhir, tetapi tidak menyurutkan minat pemuda Indonesia untuk mendaftarkan dirinya atau sosok yang dinilai pantas mendapatkan apresiasi ini.

Sejak pendaftaran dibuka pada 2 Maret 2020, jumlah pendaftar SATU Indonesia Awards 2020 telah mencapai lebih dari 4.600 pendaftar. Target jumlah pendaftar tahun ini diharapkan dapat melampaui jumlah pendaftar tahun 2019 yang mencapai 8.654 pendaftar.

SATU Indonesia Awards telah mengapresiasi 305 anak muda, yang terdiri dari 59 penerima tingkat nasional dan 246 penerima tingkat provinsi. Selain memberikan apresiasi kepada tiap pemenang berupa dana Rp60 juta, Astra juga memberikan pembinaan kegiatan secara berkelanjutan.

Semangat para pemuda dalam berjuang menebar kebaikan bagi sekitarnya sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa.(tok/rst)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Hendra Lukas P. Hutagalung

Potret NetterSelengkapnya

Pelangi Sore Hari di Surabaya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Surabaya
Rabu, 12 Agustus 2020
26o
Kurs