Kamis, 25 April 2024

Jokowi Apresiasi 70 Tahun Hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden bertemu dengan Xi Jinping Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dalam pertemuan bilateral di Hotel Stanley, Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018) petang, di sela KTT APEC 2018. Foto: Antara

Joko Widodo Presiden mengucapkan selamat dan terima kasih atas peringatan 70 tahun hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok kepada Presiden Xi Jinping melalui sambungan telepon, Senin (31/8/2020), dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

“Terima kasih atas surat Presiden Xi, mengenai ucapan selamat peringatan 70 tahun hubungan bilateral kita. Saya harapkan hubungan dan kerja sama antara dua negara akan lebih kuat dan saling menguntungkan,” ucap Jokowi.

Dalam pembicaraan tersebut, Presiden RI juga mengapresiasi pemerintah Tiongkok atas hasil kunjungan Retno Marsudi Menteri Luar Negeri dan Erick Thohir Menteri BUMN ke Tiongkok beberapa waktu lalu, untuk membahas beberapa kerja sama di bidang kesehatan dan ekonomi.

“Saya apresiasi dukungan Pemerintah Tiongkok dalam upaya penguatan kerja sama kesehatan yang strategis, termasuk co-production dan penyediaan Vaksin Covid-19,” kata Jokowi.

Selain di bidang kesehatan, Presiden RI juga menggarisbawahi kerja sama ekonomi tidak boleh terhenti sama sekali walau pun dalam kondisi pandemi. Salah satunya ialah terkait pengaturan travel corridor antar kedua negara.

“Saya menyambut baik pengaturan travel corridor yang telah disepakati dua negara tanggal 21 Agustus 2020 lalu untuk memudahkan perjalanan bisnis esensial dan kunjungan kedinasan yang mendesak, tentunya dengan terus mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan apresiasinya atas kerja sama investasi antara kedua negara yang terus menguat dan saling menguntungkan. (rid/dfn/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs