Kamis, 25 April 2024

Kalangan Diplomatik ASEAN Belajar Menjadi Barista di KBRI Wellington

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Hari Jumat malam (10/7/2020), KBRI Wellington mengundang para Duta Besar negara-negara ASEAN dan pasangannya yang tergabung dalam ASEAN Ladies Circle (ALC) in Wellington untuk belajar membuat kopi dari Jaya Argakusuma, seorang Barista profesional berkewarganegaraan Indonesia. Foto: Istimewa

Kalau ada kegiatan yang paling dihindari di Jumat malam, mungkin belajar adalah jawabannya. Akhir pekan adalah waktu yang paling pas untuk bersantai dan merilekskan badan serta pikiran apalagi setelah bekerja 5 hari dalam satu minggu.

Tapi KBRI Wellington punya cara agar belajar di hari Jumat malam tidak lagi dihindari, justru dicari-cari.
Hari Jumat malam (10/7/2020), KBRI Wellington mengundang para Duta Besar negara-negara ASEAN dan pasangannya yang tergabung dalam ASEAN Ladies Circle (ALC) in Wellington untuk belajar membuat kopi dari Jaya Argakusuma, seorang Barista profesional berkewarganegaraan Indonesia.

“Ini benar-benar malam yang menyenangkan untuk memperkenalkan kopi Indonesia dan terlaksana berkat kerjasama dengan ALC,” jelas Tantowi Yahya Dubes RI untuk Selandia Baru dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/7/2020).

Menurut Tantowi, KBRI Wellington sebenarnya telah secara rutin mengadakan pelatihan barista kepada masyarakat umum setiap hari Jumat, yang selalu dihadiri mahasiswa dan diaspora Indonesia di Wellington dari beragam usia dan latar belakang.

Namun kali ini pelatihan barista sekaligus promosi kopi Indonesia dilakukan kepada kalangan diplomatik. Duta Besar Singapura, Malaysia, dan Thailand beserta pasangan masing-masing, beberapa staff diplomatnya dan perwakilan dari masyarakat Filipina serius mempelajari seluk beluk “perkopian”, dari mulai membuat minuman, menghias, sampai bagaimana cara penyajian kopi yang menarik sampai ke tangan konsumen. Bikin kopi benar-benar dibuat mudah dan menyenangkan.

Belajar semakin seru karena para tamu juga diundang untuk bernyanyi karaoke. Dimulai oleh Dubes Tantowi dengan beberapa lagu sebagai pemanas suasana, para tamu undangan antusias namun ada pula yang malu-malu ketika diminta naik panggung untuk sumbang suara dan lagu. Ruang Bali KBRI Wellington yang tadinya dingin menjadi hangat penuh keceriaan dengan nikmatnya kopi dan merdunya alunan lagu.

KBRI Wellington merencanakan agar “Karaoke Night” ini dilakukan secara rutin setiap bulan di akhir pekan yang bukan saja dihadiri oleh para diplomat tapi juga pejabat pemerintah, anggota parlemen dan kalangan pengusaha di Wellington.(faz/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs