Selasa, 19 Maret 2024

Kawasan Rawan Banjir di Surabaya Jadi Prioritas Normalisasi Saluran

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pemkot Surabaya mengerahkan alat berat untuk melakukan normalisasi saluran air di kawasan Kupang Baru, Kota Surabaya, Selasa (27/10/2020). Foto: Antara

Sejumlah kawasan yang rawan banjir di Kota Surabaya menjadi prioritas dalam kegiatan normalisasi saluran yang dilaksanakan pemerintah kota setempat pada musim hujan tahun ini.

Febriadhitya Prajatara di Surabaya Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Rabu (28/10/2020), mengatakan Pemkot Surabaya pada 2020 ini mulai melakukan pemetaan kawasan yang menjadi prioritas normalisasi saluran.

“Tentunya kawasan prioritas itu jika terjadi hujan deras, debit air diprediksi akan tinggi. Jadi ada wilayah-wilayah yang diprioritaskan untuk dilakukan normalisasi juga penambahan kapasitas debit pompa,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Menurut dia, Pemkot Surabaya rutin melakukan normalisasi saluran supaya air dapat mengalir dengan lancar dan tidak terjadi sumbatan yang berdampak terjadinya genangan, seperti yang dilakukan Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya bersama jajarannya melakukan bersih-bersih sampah sekaligus normalisasi saluran di Jalan Raya Kupang Baru Surabaya pada Selasa (27/10/2020).

Febri mengatakan Risma Wali Kota memimpin langsung jalannya bersih-bersih saluran di kawasan itu. Mulai sampah, batu-batuan, maupun daun kering yang ada di lokasi tidak luput dibersihkan.

Sedangkan petugas dari Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau (DKRTH) serta Dinas PU Bina Marga dan Pematusan (DPUBMP) Kota Surabaya dengan sigap mengangkut sampah hasil pembersihan ke mobil dump truk.

Untuk mempercepat proses normalisasi, lanjut dia, Pemkot Surabaya mengerahkan dua unit ekskavator untuk melaksanakan pengerukan. Bahkan, skywalker juga diterjunkan untuk membantu petugas melakukan perantingan pohon.

“Setiap hari petugas dari Pemkot Surabaya rutin melakukan pembersihan terhadap saluran-saluran yang memang dipersiapkan menghadapi musim hujan,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
31o
Kurs