Rabu, 17 April 2024

Kemenag Jatim: Penghentian Umrah Selama Setahun oleh Arab Saudi Tidak Benar

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Umat Muslim memakai masker pelindung, menyusul penularan virus korona baru, saat mereka beribadah di Ka'bah di Mesjid Raya, kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa (3/3/2020). Foto: Reuters/Stringer

Jamal Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Jatim menegaskan, beredarnya berita penghentian perjalanan Umrah selama setahun oleh Arab Saudi tidak benar.

Sekarang ini, Kemenag RI dan otoritas Arab Saudi masih membahas terkait masa waktu penghentian sementara jamaah Umrah.

“Pernyataan itu belum ada. Insyaallah tidak seperti itu. Hari-hari ini Kemenag RI dan otoritas Kerajaan Arab Saudi sedang ada pembahasan khusus terkait sampai kapan penundaan sementara umroh ini. Belum ada statement resmi penghentian (umrah) setahun,” ujar Jamal dihubungi suarasurabaya.net, Kamis (5/3/2020).

Jamal meminta kepada biro perjalanan umrah dan haji serta calon jamaah Umrah agar bersabar menunggu regulasi pembukaan kembali kesempatan Umrah.

“Tentu kami sebagai regulator meminta mulai biro perjalanan dan calon jamaah umrah senantiasa bersabar menunggu regulasi pembukaan kembali, biar bisa diberangkatkan,” katanya.

Sebelumnya, sejumlah media nasional mengutip Channel News Asia yang memberitakan Pemerintah Arab Saudi menunda Umrah sepanjang tahun 2020. Namun, beberapa jam berikutnya ada media yang menyunting beritanya setelah mendapat konfirmasi dari Kemenag RI kalau penundaan hanya sementara. (bid/rst)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs