Rabu, 24 April 2024

Kemenag Pantau Bandara untuk Antisipasi Dampak Kebijakan Penangguhan Umrah

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jamaah umrah melewati garbarata menuju pesawat di Bandara Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur. Pemerintah Arab Saudi untuk sementara menangguhkan pelayanan umrah bagi warga dari luar wilayahnya dalam upaya pencegah penyebaran virus corona baru. Foto: Antara

Kementerian Agama (Kemenag) mengerahkan petugas untuk memantau bandara guna mengantisipasi kemungkinan adanya jamaah umrah yang tertahan di bandar udara. Ini menyusul kebijakan Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara pelayanan umrah bagi warga dari luar wilayahnya dalam upaya mencegah penyebaran virus corona baru.

“Berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, Garuda, Saudia, Citilink, Lion, hari ini masih sesuai jadwal mereka terbang,” kata Ubaidillah Amin Moch Staf Khusus Menteri Agama, Kamis (27/2/2020).

Ia mengatakan bahwa Kemenag sudah berkomunikasi dengan Pemerintah Arab Saudi mengenai penerapan kebijakan baru Kerajaan yang ditujukan untuk mencegah penyebaran virus corona baru tersebut.

“Selanjutnya Kementerian Agama menunggu info lanjutan dari pemerintah Saudi,” kata dia dilansir Antara.

Kemenag, menurut dia, meminta pengelola biro perjalanan umrah proaktif menyampaikan informasi kepada jamaah mengenai kebijakan Arab Saudi tersebut, yang mencakup penghentian sementara penerbitan visa umrah.

“Pengajuan visa umrah dan visa lain ke Arab Saudi mulai hari ini diberhentikan,” katanya.

Dia meminta jamaah Indonesia untuk bersabar menunggu Pemerintah Arab Saudi membuka kembali pelayanan umrah untuk jamaah dari luar wilayahnya.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs