Jumat, 26 April 2024

Kemendikbud Tempatkan Peneliti KoPSI 2020 sebagai Solusi Problematika Bangsa

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Ainun Na`im Sekretaris Jenderal Kemendikbud. Foto: Kemendikbud

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KoPSI) dilakukan dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, dengan memperhatikan keselamatan dan keamanan peserta didik, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan KoPSI secara dalam jaringan (daring). Hal ini dimaksudkan untuk mewadahi kreativitas dan inovasi anak-anak muda Indonesia agar tetap semangat berkegiatan positif meski di tengah pandemi.

Ainun Na`im Sekretaris Jenderal Kemendikbud mengatakan bahwa saat krisis terjadi, peran peneliti amat penting dalam menemukan solusi permasalahan global. Semangat seperti ini yang harus dimiliki oleh para peneliti masa depan.

“Bagi seorang peneliti, situasi yang sulit dan tidak menentu justru dapat menjadi tantangan untuk menciptakan beragam riset yang bermanfaat untuk menjawab permasalahan yang ada,” ujar Ainun, Rabu (4/11/2020).

Pada tahun ini, penyelenggaraan KoPSI menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan pada bulan Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi. Adapun tema yang diambil adalah ‘Melejitkan Talenta dan Prestasi Sains, Teknologi, Riset, dan Inovasi pada Masa Pandemi’. Oleh karenanya, para peserta mendapat tantangan yang cukup tinggi dalam menemukan karya-karya inovasi penelitian terkait pandemi Covid-19.

Namun demikian, Ainun optimis, KoPSI dapat menjadi salah satu program yang berkontribusi untuk meningkatkan integritas, sikap bertanggung jawab, kepedulian yang tinggi, kemampuan berpikir logis dan analitis, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, kemandirian, kepercayaan diri, serta keterampilan menyajikan gagasan ilmiah baik secara lisan melalui presentasi maupun tulis melalui karya ilmiah.

“Saya harap, KoPSI ke depannya dapat menumbuhkan new mindset di kalangan peneliti untuk menempatkan situasi sebagai tantangan bukan hambatan. KoPSI menjadi langkah awal untuk siswa dalam mengumpulkan kekuatan ilmu pengetahuan untuk dapat merespon, mengatasi, dan menanggulangi permasalahan yang ada secara ilmiah,” tutur Ainun.

Sesuai dengan tema KoPSI tahun 2020 ‘Pemanfaatan dan Pengembangan Potensi dalam rangka Mengoptimalkan Sumber Daya Lokal’, KoPSI diharapkan melahirkan peneliti muda Indonesia yang mampu menjadi agen perubahan dalam menggerakkan potensi daerahnya sendiri, meningkatkan nilai tambah sehingga daerah memiliki kemampuan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi.(faz/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs