Rabu, 8 Mei 2024

Kesiapan Orangtua, Penting Dampingi Anak Sekolah Daring

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Andini Dwi Arumsari, S.Psi, M.Psi, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Narotama Surabaya. Foto: Humas Universitas Narotama

Kesiapan orang tua mendampingi anak saat belajar jarak jauh atau daring di rumah seperti saat ini, dimana pandemi Covid-19 masih belum usai, menjadi sangat penting. Kendala masih tetap muncul, meskipun proses pembelajaran daring sudah berlangsung beberapa bulan lalu.

Andini Dwi Arumsari Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Narotama Surabaya, menyampaikan beberapa hal yang penting untuk disiapkan dalam proses sekolah online.

“Sekolah online berarti anak melakukan proses pembelajaran yang selama ini mereka lakukan di sekolah, sekarang mereka lakukan di rumah. Sehingga hal yang paling penting dalam sekolah online adalah kesiapan orangtua. Kesiapan orangtua terdiri dari banyak hal. Kesiapan untuk mendampingi anak, kesiapan mental untuk berperan sebagai guru, dan juga kesiapan untuk menyediakan fasilitas dan suasana belajar terbaik untuk anak,” terang Andini sapaan Andini Dwi Arumsari, Jumat (16/10/2020).

Orangtua, lanjut Andini harus membagi peran mereka dalam mendampingi anak dan mengatur jadwal belajar anak untuk sekolah online. “Jadwal belajar di luar waktu sekolah untuk anak yang sekolah daring ini sangat penting diatur sesuai kebutuhannya. Karena pembelajaran online kadang membuat anak lebih sulit untuk menyerap materi, sehingga orangtua harus mengatur waktu belajar dengan menerapkan kedisiplinan agar anak tetap bisa memahami materi pelajaran layaknya sekolah offline,” ujar Andini.

Orangtua yang berperan sebagai guru dalam proses sekolah daring ini menantang kesiapan mental orangtua untuk tetap sabar mendampingi anak dengan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Andini menambahkan, ini adalah tantangan yang sangat besar karena tidak sedikit orangtua yang tidak biasa mengajari anaknya. Dalam situasi ini, orangtua harus bisa memahami mood anak.

“Jangan mudah emosi ketika anak sulit memahami materi, karena sekolah daring ini juga berat untuk anak. Mereka yang biasanya menerima penjelasan secara langsung dari guru, sekarang hanya mendengarkan atau mendapat materi secara daring. Belum lagi tugas dari guru yang semakin banyak, membuat anak semakin terbebani. Tugas orangtua adalah mendampingi dan jika bisa, membantu anak memahami materi,” kata Andini.

Andini yang juga Dekan FKIP Universitas Narotama ini, mengatakan bahwa sekolah daring ini juga menjadi tantangan bagi guru. Perubahan yang serba mendadak membuat guru harus mengasah otak mereka dan menjadi sekreatif mungkin demi bisa mentransferkan ilmu pada murid-murid mereka seefektif saat sekolah offline.

“Di balik 1 jam mengajar kelas online, ada persiapan panjang yang dilakukan oleh seorang guru. Mereka sangat mengusahakan agar murid-murid bisa memahami materi. Cara yang paling banyak dilakukan akhirnya adalah memberikan banyak tugas pada murid agar mereka bisa memahami materi. Tapi tugas yang terlalu banyak itu kemudian membuat murid mengeluh, sehingga dilema juga jadinya,” pungkas Andini.(tok/tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
28o
Kurs