Selasa, 20 Oktober 2020

KH Robbach Ma’sum Mantan Bupati Gresik Tutup Usia

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ucapan bela sungkawa dari PWI. Foto: Istimewa

KH Robbach Ma’sum Mantan Bupati Gresik, yang pernah memimpin wilayah itu selama 10 tahun dikabarkan tutup usia di kediamannya, Jalan Kalimantan, Perumahan Gresik Kota Baru (GKB) Kabupaten Gresik, Jatim, pada Selasa sekitar pukul 05.00 WIB.

Reza Pahlevi Kabag Humas Protokol Pemkab Gresik membenarkan berita itu, dan beberapa pejabat serta pemegang kebijakan juga juga melakukan takziah atau berkunjung ke rumah duka.

Siang ini jenazah akan dibawa ke Kecamatan Dukun dan akan dimakamkan di TPU Kecamatan Dukun, Gresik.

Sekadar diketahui, KH Robbach Ma’sum merupakan sesepuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Kabupaten Gresik, dan politisi senior di Jawa Timur.

KH Robbach Ma’sum, tercatat sebagai Mustasyar PCNU Gresik ini, lahir pada 25 Maret 1947. Sebelum menjadi Bupati Gresik untuk periode 2000 – 2005 dan 2005-2010, jabatan terakhirnya adalah sebagai Ketua DPRD Kabupaten Gresik (1999 – 2000).

Tercatat ia lengser dari bupati pada Selasa, 31 Agustus 2010.

KH Robbach juga sering menjadi jujugan para politisi muda khususnya di wilayah pantai utara (pantura) Gresik, Lamongan dan Bojonegoro untuk belajar berpolitik atau hanya meminta restu maju dalam pelaksanaan Pilkada.

KH Robbach mempunyai segudang pengalaman sebagai pemimpin organisasi, baik agama maupun kemasyarakatan. Bahkan, sebelumnya juga ikut memenangkan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim 2018. Kalai itu Robbach menjabat sebagai Penasehat Tim Pemenangan Khofifah-Emil di Gresik.

Dalam Pilpres 2019, KH Robbach Ma’sum juga telah mendukung penuh bahkan mengaku telah mewakafkan dirinya untuk kemenangan pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin. (bid/ang)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Mendung Sore Ini

Kemacetan di Raya Taman arah Bundaran Waru

Surabaya
Selasa, 20 Oktober 2020
29o
Kurs