Sabtu, 27 April 2024

Latih Keterampilan dan Pengabdian Masyarakat, Gelar Servis Gratis

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
motor Servis motor gratis digelar mahasiswa prodi Teknik Mesin UK Petra Surabaya. (Foto: Humas UK Petra)

Himpunan Mahasiswa Mesin bersama mahasiswa program studi Teknik Mesin Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Senin (9/3/2020) gelar servis gratis motor sebagai bagian latihan keterampilan permesinan sekaligus pengabdian kepada masyarakat.

Selama empat hari, mulai Senin (9/3/2020) sekurangnya 16 mekanik yang seluruhnya adalah mahasiswa prodi Teknik Mesin dan Otomotif UK Petra, diwajibkan menerapkan ilmu serta teori permesinan khususnya mesin motor yang sudah dipelajari di perkuliahan.

“Tahun lalu kami mendapatkan respon yang sangat bagus dari masyarakat, sedangkan target tahun ini adalah 96 motor, milik mahasiswa, masyarakat maupun kendaraan ojek online di sekitaran kampus UK Petra di Siwalankerto,” terang Nathaniel Sharon Lee, ketua panitia kegiatan.

Sebelum para mahasiswa terjun ke lapangan, untuk menangani berbagai keluhan dan kerusakan mesin sepeda motor, diberikan terlebih dahulu tambahan ketrampilan dan pelatihan khusus oleh dealer sepeda motor Honda.

Diharapkan dengan bekal tambahan tersebut, para mahasiswa semester 2, 4, 6 dan 8 ini mampu menangani perbaikan kerusakan ringan pad amesin sepeda motor dengan standar yang ada pada bengkel-bengkel sepeda motor.

Ditemui di tempat berbeda, Yopi Yusuf Tanoto, S.T., M.T., selaku Seketaris Prodi Teknik Mesin UK Petra Surabaya menyampaikan bahwa target pelaksanaan servis motor ini adalah masyarakat sekitar dan armada ojek online.

“Untuk servis ringan memang gratis, tidak dipungut biaya. Kalau untuk penggantian oli akan diberikan diskon. Semoga ini memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya para awak ojek online yang banyak menggunakan motor sekaligus butuh servis,” terang Yopi Yusuf Tanoto.

Sementara itu, Dimas satu diantara awak armada ojek online yang sepeda motornya di servis di area parkir kegiatan mengaku berterimakasih lantaran kegiatan semacam ini sangat membantu pihaknya sebagai awak ojek online.

“Ini penting, kegiatan seperti ini sangat besar manfaatnya bagi kami awak ojek online. Karena dalam keseharian kami bekerja menggunakan sepeda motor dan butuh servis dan penggantian oli dan semacamnya,” kata Dimas, Senin (9/3/2020) di area Service Gratis Sepeda Motor.

Dijadwalkan kegiatan ini sendiri berkahir pada Kamis (12/3/2020) dan dipusatkan di lapangan parkir kampus Utara UK Petra Surabaya mulai pukul 09.00.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs