Jumat, 26 April 2024

Lawan Covid-19, Ini Tips Study at Home Agar Tetap Nyaman

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
ilustrasi

Di tengah pandemi Covid-19, dosen STIE Perbanas Surabaya, Kamis (2/4/2020) membagikan tips agar mahasiswa atau pelajar yang study at home tetap menyenangkan dan nyaman.

Pademi Covid-19, mengharuskan masyarakat tidak terkecuali mahasiswa dan pelajar mematuhi berbagai ketentuan. Mulai dari social distance, work from home, termasuk study at home. Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, SE,. MSi., CTA, dosen STIE Perbanas Surabaya, Kamis (2/4/2020) bagikan tips agar study at home tetap menyenangkan.

Dr. Nurul Hasanah Uswati Dewi, SE,. MSi., CTA, dosen STIE Perbanas Surabaya, berbagi tips ini kepada insan pendidikan, khususnya bagi mahasiswa juga pelajar yang menjalani study at home.

Nurul Hasanah Uswati Dewi menegaskan bahwa study at home tetap perlu menjaga cash flow pengeluaran untuk berbagai kebutuhan agar kondisi tersebut dapat dinikmati dengan nyaman.

Pertama, lanjut Nurul sapaan Nurul Hasanah Uswati Dewi, bahwa harus menanamkan mindset bahwa kondisi saat ini tidak berlangsung lama. “Yuk, jaga kesehatan mental untuk selalu bersyukur dan yakin kondisi ini gak bakalan lama. Pikiran yang sehat akan menambah daya tahan tubuh,” terang Nurul.

Pengeluaran, kata Nurul tetap harus diatur secara cermat, terlebih bagi mahasiswa yang masih tinggal di kos.

Kedua, apabila orang tua masih mengirimkan uang bulanan, kata Nurul berarti mahasiswa tersebut sangatlah beruntung. Menurut Nurul, bentuk rasa syukur itu dapat dilakukan dengan mengatur pengeluaran di saat yang sulit seperti ini sehingga perlu membuat skala prioritas pengeluaran.

“Misalnya, tetap teratur makan, lalu mencari provider yang menawarkan paket internet hemat. Perlu diingat, tundalah dulu membeli makanan dan minuman kekinian dengan harga lebih mahal tetapi jauh dari empat sehat lima sempurna,” tegas Nurul.

Tips terakhir, dosen favorit mahasiswa Akuntansi STIE Perbanas Surabaya ini mengajak mahasiswa yang study at home agar tetap mengatur ritme tubuh. Nurul menilai meskipun melakukan study at home bukan berarti bebas bangun siang.

Artinya, tetaplah atur ritme tubuh agar kapanpun berakhirnya study at home, pelajar maupun mahasiswa tetap dalam kondisi fit. “Ketika mahasiswa ada kuliah pagi, kondisnya tetep on fire layaknya kuliah pagi di kampus. So, stay safe, stay at home, and happy study at home,” pungkas Nurul, Kamis (2/4/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs