Kamis, 6 Agustus 2020

Lebaran Tahun Ini Jalur Kalimalang Sepi Pemudik Motor

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jalur Kalimalang, Sabtu (23/5/2020), sepi pemudik sepeda motor jelang Idulfitri tahun ini sehubungan dengan larangan mudik untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto: Farid suarasurabaya.net

Suasana Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah/2020 Masehi di Tanah Air memang berbeda dengan lebaran sebelum ada wabah Covid-19.

Salah satu kegiatan rutin masyarakat yang tidak terlihat tahun ini, antara lain pulang kampung atau mudik.

Karena, pemerintah melarang warga khususnya yang tinggal dan atau bekerja di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), mudik.

Biasanya, sepekan jelang lebaran, sudah terjadi lonjakan pemudik di sejumlah titik, seperti bandara, stasiun kereta, terminal bus, dan pelabuhan kapal laut.

Selain menggunakan transportasi umum, tidak sedikit pemudik yang memakai kendaraan pribadi, mobil mau pun sepeda motor.

Di Jakarta, salah satu jalur favorit pemudik yang naik sepeda motor adalah Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur.

Jalan yang menghubungkan Jakarta Timur dengan wilayah Bekasi itu biasa diakses pemudik tujuan Jawa Barat, Jawa Tengah mau pun Jawa Timur. Tapi, tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Pantauan suarasurabaya.net, sehari jelang lebaran, Sabtu (23/5/2020), tidak terlihat rombongan sepeda motor pemudik yang membawa barang bawaan, dengan aneka macam tulisan di belakang motornya.

Di sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang juga tidak ada posko mudik yang biasa dijaga petugas gabungan Polisi, TNI dan Dinas Perhubungan.

Sekadar informasi, menjelang lebaran tahun 2020, Korps Lalu Lintas Polri cuma meminta masyarakat yang kedapatan dalam perjalanan mudik untuk putar balik ke tempat asalnya.

Tapi, kalau masih ada yang nekat memakskan diri mudik, petugas akan menindak tegas dengan memberikan surat bukti pelanggaran (tilang).

Seperti diketahui, pemerintah melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik lebaran tahun ini, untuk mencegah penyebaran Covid-19.(rid/tin)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Bintang Rahmadani

Potret NetterSelengkapnya

Kangen Tanggapan

Unjuk Rasa Aliansi Pekerja Seni Surabaya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Surabaya
Kamis, 6 Agustus 2020
27o
Kurs