Jumat, 26 April 2024

Lima Kali Gelar SFF, Harapkan Siswa Punya Cakrawala Baru Pengetahuan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Praktek ilmiah sederhana meriahkan SFF 2020 yang digelar SMAN 15 untuk ke lima kalinya didukung Goethe Institut. Foto: Humas SMAN 15

Perhelatan Science Film Festival (SFF) di SMAN 15 Surabaya merupakan kali ke 5 sebagai bagian SFF 2020 yang digelar di 24 kota di Indonesia dan diharapkan membuka cakrawala baru bagi pengetahuan siswa.

Yohanes Mardijono Kepala SMAN 15 Surabaya menyampaikan bahwa di tahun ke 5 ini berbeda dengan tahun sebelumnya, tetapi tetap diharapkan membuka cakrawala berpikir dan pengetahuan baru bagi siswa.

“Tahun ini memang berbeda. Seiring pandemi yang belum usai, maka pementasan SFF ke lima ini digelar daring. Dan bagi SMAN 15 ini memang kali ke lima. Dan kami berharap bahwa SFF ini membuka cakrawala berpikir tentang pengetahuan baru bagi segenap siswa, khususnya juga bagi siswa SMAN 15 sendiri,” kata Yohanes Mardijono, Senin (26/10/2020).

Beberapa tampilan tentang teori-teori ilmiah sederhana ditampilkan dalam SFF pada Minggu (25/10/2020) siang setelah pemutaran beberapa film internasional. Praktek ilmu pengetahuan sederhana tersebut dilakukan para siswA dengan pengantar bahasa Jerman.

Sementara itu, ditambahkan Yetty Sofiana pengajar bahasa Jerman bahwa pembelajaran bahasa tidak hanya dilakukan dengan buku saja. Tapi bisa juga dilakukan melalui praktik-praktik ilmiah sederhana.

“Siswa akan lebih gembira jika proses pembelajaran bisa dilakukan dengan menyenangkan. Dan di SFF itu praktek ilmiah disertakan, dan tentu saja dilaksanakan dengan tidak rumit,” papar Yetty Sofiana.

Setiap tahun, SFF digelar di berbagai negara yang mempelajari Bahasa Jerman, termasuk di Indonesia. Even yang didukung sepenuhnya oleh Goethe Institut dan Pemerintah Jerman ini, tahun ini mengajak pelajar memahami bagaimana makna dan maksud dari pembangunan berkelanjutan. (tok/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs