Kamis, 18 April 2024

Megawati Terharu Kenang Perjuangan Bung Karno dan Berdirinya Monumen Mutiara di Palu

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan tumpah saat mengenang dedikasi Bung Karno Proklamator RI terhadap bangsa dan kemerdekaan bangsa-bangsa dunia. Tangisan Megawati itu dipicu saat meresmikan Monumen Mutiara Bangsa yang terdapat patung Bung Karno di Palu, Rabu (22/7/2020). Foto: Istimewa

Air mata Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan tumpah saat mengenang dedikasi Bung Karno Proklamator RI terhadap bangsa dan kemerdekaan bangsa-bangsa dunia. Tangisan Megawati itu dipicu saat meresmikan Monumen Mutiara Bangsa yang terdapat patung Bung Karno di Palu, Rabu (22/7/2020).

Awalnya, Presiden Kelima RI ini mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya terhadap Hidayat Wali Kota Palu dan warganya yang telah mempersembahkan patung Bung Karno di sebuah taman yang indah. Megawati mengingat, pada 2 Oktober 2957, Bung Karno yang juga ayahnya itu pernah menegaskan Palu sebagai salah satu mutiara di khatulistiwa Indonesia.

“Karena itu, kapasitas saya juga sebagai Presiden Kelima RI, dengan ini mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada Bapak Wali Kota dan masyarakat Palu dengan dibangunnya sebuah Monumen Mutiara Bangsa. Dan dengan itu, mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, saya resmikan kehadiran Monumen Mutiara Bangsa ini,” kata Megawati dalam acara peresmian 20 Kantor DPD/DPD melalui telekonferensi.

Megawati melanjutkan, Bung Karno menunjukkan bahwa kebenaran, dedikasi dan pengabdian kepada rakyat Indonesia adalah suatu perjalanan tiada akhir. Hal itu pula yang membuktikan ide, gagasan, dan cita-cita Bung Karno terhadap bangsa tidak bisa dibunuh oleh siapa pun. Termasuk falsafah Pancasila yang digali dari buminya Indonesia.

Setelah menyampaikan hal itu, putri Proklamator RI ini tak bisa lagi menahan tangisnya. Raut wajah yang awalnya tegar berubah pilu. Air mata pun tumpah sembari melanjutkan pidatonya dengan suara yang terbata-bata.

“Bung Karno bukan karena beliau ayah saya, tetapi sebagai manusia selama membaktikan hidupnya, bukan bagi bangsa Indonesia saja, tetapi juga perjuangan beliau dalam dinamika dunia internasional,” tuturnya sembari sesekali menyeka air mata di pipinya.

“Kemarin Ibu Puan Maharani, Ketua DPR, juga secara virtual telah meresmikan Monumen Soekarno yang dengan dipercantik dengan sebuah patung Soekarno dari lempengan-lempengan besi karya pematung Dolorosa Sinaga di Alger, Aljazair sebagai bentuk persahabatan dua negara dan peran Bung Karno yang telah membantu perjuangan rakyat Aljazair memperoleh kemerdekaannya di tahun 1962,” tambah dia.

Megawati menilai hal itu membuktikan negara internasional sangat menyayangi dan menghormati Bung Karno. Bahkan, banyak negara lainnya mewariskan perjuangan Bung Karno seperti Jalan Ahmed Sukarno di Mesir, Jalan Rue Soekarno di Maroko, dua Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar dan Soekarno Bazar di Lahore Pakistan. Ada juga Masjid Biru Soekarno di Rusia dan Masjid Agung Sobornaya Moskow terpampang foto Bung Karno.

“Dan sumbangan beliau pada raja di arab untuk menanam pohon kalau kita melakukan ibadah haji terkenal dengan Pohon Soekarno di Arab Saudi,” tambah Megawati.

Oleh karena itu, Megawati mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengikuti semangat dan gagasan Bung Karno. Termasuk para kader PDIP serta pemimpin yang akan menahkodai Indonesia saat ini dan kedepannya.

“Kita sebagai kader beliau harusnya terus melaksanakan cita-cita dan juga pemimpin bangsa yang lain. Cita-cita kemerdekaan bahwa kita dapat menjadi sebuah negara yang diakui oleh dunia internasional,” kata Megawati.

Untuk diketahui, PDIP resmikan empat kantor partai untuk tingkat provinsi, yakni kantor DPD PDIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, DPD PDIP Provinsi Kalimantan Tengah, DPD PDIP Provinsi Jambi, dan DPD PDIP Provinsi Kalimantan Barat.

Lalu 16 kantor partai diresmikan untuk tingkat kabupaten/kota atau biasa disebut DPC. Yaitu DPC PDIP Kabupaten Karangasem, DPC PDIP Kabupaten Klungkung, DPC PDIP Kabupaten Katingan, DPC PDIP Kabupaten Gunung Mas, DPC PDIP Kota Palangka Raya, DPC PDIP Kota Palu, DPC PDIP Kabupaten Sorong, DPC PDIP Kabupaten Pasuruan, DPC PDIP Kabupaten Sikka, DPC PDIP Kabupaten Banggai, DPC PDIP Kabupaten Bangai Laut, DPC PDIP Kota Mataram, DPC PDIP Kabupaten Sarolangun, DPC PDIP Kabupaten Kulon Progo, DPC PDIP Kabupaten Banyuwangi dan DPC PDIP Kabupaten Tuban.(faz/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs