Kamis, 28 Maret 2024

Mendikbud Ajak Para Pendidik Hadirkan Kemerdekaan Belajar Tidak Hanya di Ruang Kelas

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, secara virtual dalam Pertemuan Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PNPDBK) Tahun 2020, Kamis (3/12/2020). Foto: Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen), menyelenggarakan Pertemuan Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PNPDBK) Tahun 2020.

Acara yang bertemakan “Aku Bisa dan Aku Berprestasi Setiap Hari” ini berlangsung mulai tanggal 3 – 5 Desember 2020. Kegiatan ini diadakan juga untuk memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh setiap tanggal 3 Desember.

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) mengapresiasi semangat para pendidik dan peserta didik dalam melakukan pembelajaran meski di tengah pandemi Covid-19.

“Meskipun belajar terkendala, kita memastikan pembelajaran tidak terhenti, bagi setiap murid dengan berbagai kebutuhannya,” ujar Mendikbud secara virtual, Kamis (3/12/2020)

PNPDBK 2020 adalah satu diantara alternatif kegiatan belajar yang aman dan nyaman bagi peserta didik di masa pandemi. Tercatat, para peserta berasal dari SDLB, SMPLB, dan SMALB, dengan hambatan disabilitas fisik, intelektual, sensorik, dan ganda.

“Semoga peserta dapat memetik pengalaman dan ilmu yang bermanfaat untuk mewujudkan merdeka belajar dan membentuk karakter Pancasila,” kata Nadiem.

Mendikbud menjelaskan, tujuan Merdeka Belajar adalah mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk seluruh rakyat Indonesia. Kemendikbud ingin menciptakan sumber daya manusia unggul dan memiliki semangat sebagai Pelajar Pancasila, pembelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai nilai-nilai pancasila.

Karakter yang dimiliki seorang Pelajar Pancasila adalah beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, kebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.

“Pelajar inilah yang nantinya akan mengantarkan Indonesia pada kemajuan,” jelas Mendikbud.

Nadiem mengajak para pendidik untuk menghadirkan kemerdekaan belajar tidak hanya di ruang kelas tetapi melalui berbagai kegiatan di luar kelas.

Selain itu, Dia juga mengimbau para peserta untuk percaya diri, merdeka dalam berpikir dan merdeka untuk menentukan masa depan. Kondisi fisik bukanlah penghalang untuk meraih prestasi.

“Jadilah Pelajar Pancasila yang membanggakan kita,” tegasnya.

Sementara itu, Angkie Yudistia Staf Khusus Presiden Republik Indonesia berpesan agar para peserta menjadikan pandemi sebagai peluang untuk berkreasi. Ia juga mengajak generasi muda untuk meningkatkan literasi digital dan menggunakan sosial media dengan baik dan bijak.

“Gunakan itu untuk mengembangkan potensi kalian. Mari kita bersama-sama membawa Indonesia maju, Indonesia inklusif,” Imbaunya.

Supriyadi Wakil Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengapresiasi pelaksanaan kegiatan PNPDBK. Supriyadi mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan nafas kebijakan Kwarnas Gerakan Pramuka yaitu inklusif.

“Selamat kepada adik-adik yang terpilih menjadi peserta, ikuti kegiatan dengan riang dan gembira,” tuturnya.

Acara PNPDBK 2020 merupakan hasil kolaborasi antara Direktorat Dikmas dan Diksus dengan Komisi Pembinaan Anggota Muda Kwarnas Gerakan Pramuka.(faz/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs