Kamis, 25 April 2024

Menkes: Belum Ada Pasien yang Positif Terjangkit Virus Corona di Indonesia

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan RI. Foto: dok./Farid suarasurabaya.net

Terawan Agus Putranto Menteri Kesehatan menegaskan, sampai sekarang belum ada orang yang positif terinfeksi Virus Corona di Indonesia.

Sejumlah pasien yang diduga terjangkit virus tersebut, kata Menkes, masih menjalani perawatan di beberapa rumah sakit antara lain di Bandung, Cirebon, Surabaya, Jambi, dan Manado.

Walau pun suhu tubuh pasien sudah tidak panas dan sesak nafas, tapi mereka tetap harus menjalani pemeriksaan medis sesuai prosedur standar.

Pihak Kemenkes, lanjut Terawan, masih menunggu hasil uji laboratorium yang prosesnya sekitar satu sampai tiga hari, tergantung waktu pengiriman sampel darah dari daerah ke Jakarta.

Menurut Menkes, nantinya hasil lab itu menentukan kebijakan Pemerintah Indonesia, dalam merespon kasus penyebaran Virus Corona yang diketahui berasal dari China.

“Sampai detik ini belum ada pasien (terduga) yang positif terjangkit Virus Corona. Memang yang dirawat di rumah sakit masih ada, semua masih diperiksa. Nanti, kalau pemeriksaan sudah selesai, akan kami kemukakan apa adanya. Pasien terpencar, ada yang di Bandung, Cirebon, Surabaya, Jambi, di Manado,” ujarnya di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Lebih lanjut, Menteri Kesehatan menjelaskan, pendatang dari Kota Wuhan, China, yang diisolasi cuma orang dengan indikasi terjangkit virus.

Kemenkes menyiapkan sarana prasarana seperti ruang isolasi di rumah sakit. Selain itu, ada 21 kapsul isolasi di sejumlah daerah yang kemungkinan besar jadi pintu masuk pengunjung dari China, seperti di Jakarta dan Makassar.

Kapsul-kapsul itu, kata Terawan, berfungsi untuk membawa pasien yang diduga terjangkit virus corona, menuju rumah sakit.

Di rumah sakit, penanganan yang utama adalah isolasi supaya tidak terjadi penularan virus. Kemudian, meningkatkan daya tahan tubuh dengan memberikan asupan yang baik, sehingga sistem kekebalan tubuh si pasien bisa melawan virus.

Sekadar informasi, sampai hari ini, Selasa (28/1/2020), 106 orang dilaporkan meninggal dunia akibat Virus Corona, dan lebih dari 4.515 orang lainnya positif terinfeksi.

Sebanyak 16 negara mengonfirmasi penemuan kasus Virus Corona di wilayahnya, yaitu China, Thailand, Jepang, Korea Selatan, Amerika Serikat, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Perancis, Australia, Kanada, Jerman, Taiwan, Sri Lanka, dan Kamboja.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs