Sabtu, 4 Mei 2024

Menkumham Copot Dua Pejabat Imigrasi, Mahfud MD: Gak Tau Saya

Laporan oleh Agung Hari Baskoro
Bagikan
Mahfud MD Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI. Foto: Baskoro suarasurabaya.net

Mahfud MD Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI irit bicara saat ditanya wartawan mengenai keputusan Yasonna Laoly Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) mencopot dua pejabat di lingkungan kementeriannya.

“Gak tau saya. Itu Menkumham ya. Saya gak tau,” ujar Mahfud MD menolak berkomentar soal peristiwa di kementerian yang menjadi tanggung jawab koordinasinya tersebut pada Rabu (29/1/2020) di Surabaya.

Seperti diketahui, sebelumnya, Menkumham mencopot Ronny Franky Sompie Dirjen Imigrasi dan Alif Suaidi Direktur Sistem dan Teknologi Keimigrasian. Keputusan ini diambil, kata Yasonna, untuk memberikam ruang pada tim independen untuk mengungkap fakta yang menyebabkan keterlambatan data kedatangan Harun Masiku dari Singapura dalam sistem informasi manajemen keimigrasian.

Namun, sebagian publik menanggap pencopotan ini bersifat politis sebab Ronny Sompie sempat mengakui bahwa Harun ada di Indonesia saat KPK menggelar OTT mengenai serangkaian kasus Suap Wahyu Setiawan Eks Komisioner KPU. Sedangkan, pada saat itu, Yasonna menyatakan, jika rekan separtainya itu masih berada di luar negeri. (bas/ipg)

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
28o
Kurs