Sabtu, 13 Juli 2024

Moskow Mulai Vaksinasi Massal COVID-19

Laporan oleh Achmad Zainal Alim
Bagikan
Ilustrasi Foto: Global Look Press/ Viktor Lisicin

Sejak Rabu (9/9/2020) dikabarkan warga Moskow telah menjalani vaksinasi massal Covid-19. Sebagai bagian dari studi pasca pendaftaran vaksin Sputnik V, vaksin Covid-19 pertama buatan Rusia.

Mengutip laman id.rbth.com, seperti disampaikan Anastasia Rakova Wakil Walikota Moskow untuk pembangunan sosial, pada situs resmi pemerintah setempat, mos.ru.

“Ini akan memungkinkan kami untuk mempercepat proses pengujian sehingga ketersediaan vaksin untuk semua orang bisa lebih cepat. Hari ini, peserta pertama dari pengujian sudah divaksinasi,” terang Rakova.

Akan melibatkan 40 ribu sukarelawan warga ibu kota yang akan divaksinasi secara gratis. Pemerintah Moskow bersama pengembang Sputnik V, Institut Gamaleya, setidaknya telah mendaftar lebih dari 35 ribu sukarelawan.

Pemeriksaan medis terhadap sukarelawan pertama yang terdaftar dilakukan pada 7 September. Berdasarkan pemeriksaan dan hasil tes, dokter memilih kandidat yang tidak memiliki kontraindikasi vaksinasi.

Berdasar hasil pengujian sebelumnya, vaksin Sputnik V berhasil menghasilkan respons imun humoral dan sel T yang stabil pada semua subjek penelitian (76 orang).

Ketika itu putri Vladimir Putin Presiden Rusia juga menjadi satu dari sekian sukarelawan. Diketahui hasil sementara, tidak menimbulkan efek samping yang serius. Tingkat antibodi sukarelawan yang telah divaksinasi 1,4 – 1,5 kali lebih tinggi daripada yang dimiliki para penyintas Covid-19.

Penelitian yang akan berlangsung selama 180 hari ini, akan membantu mendapatkan izin pemasaran permanen dan memperluas jangkauan kemungkinan penerima vaksin, termasuk menjangkau lansia usia di atas 60 tahun. (lim)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Sabtu, 13 Juli 2024
31o
Kurs