Minggu, 5 Mei 2024

Mundur karena Pandemi, Tol Krian-Manyar Seksi I-III Tuntas September

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Perkembangan pembangunan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar. Foto: BPJT, Kementerian PUPR

Pembangunan jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) seksi I sampai III yang menghubungkan Sidoarjo-Gresik ditarget tuntas September mendatang.

Gatot Sulistyo Hadi Kepala Dinas PU Bina Marga Jatim mengatakan, jalan tol 29 kilometer itu sebenarnya ditarget rampung Juli besok.

“Berikutnya yang Bunder-Manyar (seksi IV) masih tahap pengukuran, masih diinventarisir kebutuhan tanahnya. Tapi jadi tidaknya masih tanda tanya,” kata Gatot, Jumat (26/6/2020) malam.

Jalan tol ini, kata dia, sebenarnya juga bersinggungan dengan tol Surabaya-Mojokerto. Namun untuk IC (interchange) dari KLBM ke Sumo belum tersedia.

“Sementara masih melalui saja, belum ada crossing dari KLBM ke Sumo. Itu (IC) juga akan dibangun tapi selesainya 2021. Sementara ini masih lurus saja,” ujarnya.

Untuk operasional jalan tol sendiri, Gatot bilang masih menunggu peresmian oleh Presiden. Biasanya, peresmian itu tidak lama setelah pembangunan selesai.

“Karena jalan tol ini juga dibutuhkan masyarakat, apalagi menunjang Jalan Cerme yang sedang diperbaiki,” lanjutnya.

Gatot melanjutkan, kalau pembangunan seksi IV Bunder-Manyar dilanjutkan, ruas tol ini akan menjadi cikal bakal yang akan diteruskan ke Tuban (Tuban-Manyar).

“Nanti juga akan ketemu dari Ngawi, Bojonegoro, Tuban. Ada juga yang mengusulkan Tuban-Lamongan-Bunder atau Manyar,” ucapnya.(den)

Berita Terkait

BUMD Jatim akan Ikut Garap Tol Krian-Manyar


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs