Rabu, 5 Agustus 2020

Pasien Sembuh di Atas 1.000 Orang, Pertama Kali Selama Pandemi Covid-19

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Achmad Yurianto Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 mengatakan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh pada Minggu (28/6/2020) sampai pukul 12.00 WIB mencapai 1.027 orang. Ini adalah angka kesembuhan pertama yang mencapai di atas 1.000 orang selama pandemi Covid-19 melanda tanah air.

“Total pasien sembuh mencapai 1.027 orang, sehingga secara akumulatif pasien sembuh saat ini mencapai 22.936 orang. Kasus meninggal hari ini 34 orang, sehingga total menjadi 2.754,” kata Yurianto di Graha BNPB Jakarta, dipantau melalui kanal YouTube, Minggu (28/6/2020).

Rata-rata pasien sembuh harian di Indonesia berkisar antara 500 sampai 800 pasien. Yurianto menyampaikan, berdasarkan catatan pemerintah, peningkatan kasus sembuh secara signifikan terjadi di Provinsi Papua. Ada 335 kesembuhan lantaran perlunya tambahan konfirmasi orang per orang data pasien sembuh hari kemarin.

Sementara itu, penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 secara nasional pada Minggu mencapai 1.198. Sehingga total jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia menjadi 54.010 kasus. Angka penambahan ini merupakan hasil dari pemeriksaan sebanyak 17.230 spesimen di laboratorium jejaring Kementerian Kesehatan.

Dokter Yuri menyampaikan. Di beberapa laboratorium, khususnya yang ada di rumah sakit, memang tidak melakukan pemeriksaan sampel pada hari libur. Ini turut mempengaruhi penurunan spesimen yang diperiksa. Sedangkan laboratorium jejaring Kementerian Kesehatan dan beberapa laboratorium lainnya tetap beroperasi selama tujuh hari seminggu.

Dilihat dari sebaran kasus terbanyak Covid-19, Jawa Timur masih yang tertinggi. Pada Minggu ini, ada sebanyak 330 kasus baru Covid-19 baru sedangkan yang dinyatakan sembuh di Jatim sebanyak 101 orang. Sulawesi Selatan menduduki daerah kedua terbanyak dengan 192 kasus baru dan 60 orang sembuh. Jawa Tengah berkontribusi 188 kasus baru dan 14 pasien sembuh.

Pada Minggu ini, DKI Jakarta menjadi urutan keempat kasus terbanyak dengan 125 kasus baru. Pada hari ini, jumlah pasien sembuh di Jakarta lebih banyak dari jumlah tambahan kasus, yakni sebanyak 255 pasien Covid-19 yang telah menjalani penanganan dinyatakan sembuh. Selain itu, di Kalimantan Selatan ada 73 kasus baru dan 80 orang sembuh.

“Dua puluh provinsi hari ini melaporkan kasus di bawah 10, dan sembilan provinsi tanpa ada penambahan kasus,” kata Yurianto. Dia bilang, masih tingginya penambahan kasus positif Covid-19 setiap harinya menggambarkan bahwa ketidakdisiplinan dan ketidakpatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan belum membaik di masa tatanan normal baru ini.

“Artinya masih ada orang yang sakit orang yang positif Covid-19 tapi tidak isolasi diri dengan baik. Masih ada kontak tracing yang dirawat belum bisa diperiksa di laboratorium dan belum bisa isolasi diri dengan baik. Masih ada kelompok rentan yang tertular karena tidak patuh menjaga jarak, tidak pakai masker, dan tidak cuci tangan,” kata Yurianto.(tin/den)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Fabian Yudhistira

Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Rabu, 5 Agustus 2020
25o
Kurs