Kamis, 26 November 2020

Patuh Prokes, Siapkan Kotak Masker dan Hand Sanitizer Dekat Pintu

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kotak berisi masker ditempatkan di spot dekat pintu, sebagai cara mengingatkan penghuni rumah patuh prokes. Foto: WA Ina Silas

Sebuah kotak atau tepatnya besek dari anyaman Bambu, sengaja dipilih warna merah mencolok ditambah tulisan: Jangan lupakan aku!!! Aku mau ikut kamu!!! ttd Masker, ditempatkan di dekat pintu masuk rumah, mengingatkan penghuninya tertib memakai masker saat keluar dari rumah.

“Tulisannya mencolok, warna besek atau kotaknya juga mencolok. Sengaja memang, dan penempatannya di dekat pintu masuk rumah. Jadi sesiapapun yang akan keluar dari rumah pasti dan harus mengambil dan memakai masker,” terang Ina Silas, Senin (5/10/2020).

Perempuan yang pernah menjadi manager House of Sampoerna ini, menambahkan bahwa di rumah memang ada beberapa anggota keluarga. Rata-rata mereka sudah cukup umur untuk menyadari sendiri tentang kewajiban menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Dua anak kami sudah dewasa. Nggak mungkin juga harus terus menerus diingatkan agar tetap patuh dan menjalankan protokol kesehatan. Karena itu, agar mereka tetap patuh prokes, dengan cara itulah kami mengingatkannya,” tambah Ina.

Kotak besek anyaman Bambu tersebut, lanjut Ina, berada pad atempat atau spot yang sangat mudah dilihat. Ditambah warna mencolok serta tulisan menggelitik, diharapkan selalu dilihat dan digunakan oleh anggota keluarganya saat akan keluar dan beraktivitas di luar rumah.

Bagi anggota keluarga lainnya, seperti asisten rumah tangga misalnya, Ina juga menyiapkan masker, hand sanitizer, dan semprotan disinfektan di beberapa bagian rumah, satu diantaranya di dekat pintu pagar. Harapannya setiap kali mereka akan masuk rumah membiasakan dengan membersihkan diri menggunakan hand sanitizer atau semprotan disinfektan.

“Kalau mereka dari luar rumah yang memang berpotensi kerumunan, seperti pasar tradisional misalnya, maka sebelum masuk rumah sudah terlebih dahulu membersihkan diri dengan hand sanitizer maupun dengan menggunakan semprotan disinfektan. Itu juga kami ingatkan pada mereka,” ujar perempuan penyuka fotografi ini.

Terkait pandemi Covid-19 ini, perlengkapan terkait protokol kesehatan, tidak saja disediakan Ina untuk keluarga di rumah. “Karena 2 anak kami sudah cukup dewasa, kami juga sediakan perlengkapan protokol kesehatan itu di mobil. Bahkan di bagasi mobil juga kami siapkan kaca mata dan face shield, jika dibutuhkan,” kata Ina Silas.

Meskipun di rumah sudah disiapkan perangkat pendukung kepatuhan protokol kesehatan bagi seluruh anggota keluarga, Ina juga menambahkan bahwa sejak kedua puteranya masih kecil telah memberikan contoh-contoh untuk hidup bersih, diantaranya kebiasaan selalu mencuci tangan setiap kali selesai melakukan berbagai aktivitas.(tok/lim)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok di Flyover Trosobo

Proses Pencarian Korban Tenggelam di Taman Sidoarjo

Kecelakaan Mobil di Tol Porong arah Sidoarjo

Truk Terguling, Lalu lintas Macet

Surabaya
Kamis, 26 November 2020
34o
Kurs