Kamis, 22 Oktober 2020

Pemerintah Indonesia-AS Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Penanganan Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden dengan Donald Trump Presiden Amerika Serikat di sela-sela penyelenggaraan KTT G20 di Hamburg, Jerman. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden RI, Jumat (24/4/2020) malam, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, melakukan pembicaraan telepon dengan Donald Trump Presiden Amerika Serikat.

Dalam pembicaraan itu, kedua kepala negara bertukar pikiran mengenai penanganan Covid-19.

Jokowi menyampaikan apresiasi atas kerja sama Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Amerika Serikat dalam upaya penanganan Covid-19.

Lebih spesifik, Jokowi dan Trump juga berdiskusi untuk mengatasi kekurangan alat kesehatan seperti ventilator dan alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga medis yang terjadi di berbagai negara.

Mengenai ventilator, Presiden Trump menjelaskan AS sedang gencar membuat ventilator. Dia mengatakan, akan mengirim ke Indonesia kalau sudah siap.

Kerja sama peralatan kesehatan tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim masing-masing negara.

Kemudian, dalam pembicaraan itu, kedua pemimpin negara juga saling menyampaikan duka citanya kepada masing-masing warga negaranya yang meninggal dunia akibat Covid-19.

Selain itu, Jokowi dan Trump juga sepakat untuk memperkuat kemitraan di bidang perdagangan dan ekonomi setelah masa pemulihan ekonomi pascawabah Covid-19.

“Indonesia adalah negara penting bagi Amerika Serikat. Kita harus tingkatkan terus kerja sama kedua negara,” ucap Presiden Trump.

Sekadar informasi, sebelum pembicaraan melalui telepon, Presiden Trump telah menulis surat ucapan duka cita atas meninggalnya Ibunda Jokowi.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Trump Hentikan Pendanaan untuk WHO

Potret NetterSelengkapnya

Kemacetan Menjelang Exit Tol Gunungsari arah Satelit

Macet di Tol Waru arah Satelit

Kecelakaan Truk di Tol Ngawi-Solo

Kecelakaan Mobil di Raya Darmo

Surabaya
Kamis, 22 Oktober 2020
34o
Kurs