Jumat, 3 Desember 2021

Pemkot Akan Relokasi Ribuan Pedagang di Pasar Besar Kota Batu

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Suasana di depan Pasar Besar Kota Batu, Jawa Timur. Foto: Humas Pemkot Batu

Pemerintah Kota Batu akan melakukan relokasi ribuan pedagang di Pasar Besar Kota Batu, Jawa Timur, sehubungan dengan adanya rencana pembangunan pasar tersebut pada 2021.

Eko Suhartono Kepala Dinas Unit Mikro, Koperasi, dan Perdagangan Kota Batu mengatakan bahwa ribuan pedagang tersebut akan direlokasi di wilayah sekitar Stadion Brantas, Kota Kota Batu, mulai pada Agustus 2020.

“Teman-teman pedagang kaki lima sudah setuju untuk direlokasi di sebelah selatan Stadion Brantas, kami mengecek kebutuhan apa yang belum terpenuhi, dan apa saja masukan dari para pedagang,” kata Eko di Kota Batu, Rabu (29/7/2020).

Eko menambahkan Pemerintah Kota Batu saat ini tengah menyiapkan sarana dan prasarana terkait pemindahan yang ada di Pasar Besar Kota Batu tersebut. Persiapan tersebut bertujuan agar para pedagang bisa berjualan dengan layak di tempat relokasi.

Menurut Eko, proses relokasi tersebut akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, relokasi akan dilakukan terhadap 1.097 pedagang, dan kemudian dilanjutkan dengan Himpunan Paguyuban Pedagang Pasar Unit I, dan Pasar Buah Kota Batu.

“Relokasi untuk kurang lebih 3.200 pedagang, itu ditempatkan di sekitar Stadion Brantas. Untuk pedagang di Pasar Buah, akan direlokasi ke Pasar Sayur,” kata Eko dilansir Antara.

Menurut Eko, nantinya di tempat relokasi para pedagang tersebut akan disediakan lapak sementara untuk para pedagang. Ukuran lapak yang dipersiapkan lebih kecil, mengingat jumlah pedagang yang cukup banyak.

Besaran anggaran yang dipersiapkan untuk relokasi para pedagang pasar tersebut kurang lebih mencapai Rp1,5 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu.

Proses relokasi pedagang pasar tersebut, merupakan hasil kesepakatan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang meminta Pasar Besar Kota Batu direlokasi sebelum dilakukan pembangunan pada 2021.

Selain itu, pembangunan pasar di Kota Batu tersebut mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 Tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Wilayah Jawa Timur. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan pasar di Kota Batu tersebut mencapai Rp200 miliar.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
26o
Kurs