Minggu, 26 Mei 2024

Pemprov Jatim Siapkan Tiga Laboratorium PCR di Malang Raya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Antara

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan tiga laboratorium untuk melakukan tes dengan menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) di wilayah Malang Raya, guna mendeteksi material genetik virus corona jenis baru penyebab Covid-19.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur di Kota Malang, Rabu (13/5/2020), mengatakan, tiga laboratorium yang disiapkan tersebut masing-masing di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Saiful Anwar Kota Malang, Rumah Sakit Universitas Brawijaya, dan Rumah Sakit Lavalette Malang.

“Mesin PCR tes ada tiga di Malang Raya. Mudah-mudahan di Lavalette bisa berjalan, RSUD Saiful Anwar, dan RS UB bisa optimalisasi,” katanya.

Ia mengatakan, ketersediaan reagen untuk melakukan tes PCR tersebut dinyatakan mencukupi. Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyiapkan lebih kurang 91 ribu reagen untuk seluruh provinsi itu.

Khofifah berharap dengan adanya tiga laboratorium tes PCR di Malang Raya tersebut, selanjutnya bisa melakukan tes secara cepat, pelacakan pasien lebih cepat, dan penanganan lebih cepat.

Dengan proses yang lebih cepat tersebut, diharapkan penyembuhan pasien yang terpapar Covid-19 bisa lebih cepat.

“Jika dilakukan tes secara cepat, tracing secara cepat, treatment secara cepat, akan cepat pula untuk sembuh,” kata Khofifah dilansir Antara.

Wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang akan mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai Minggu (17/5/2020).

Khofifah Gubernur mengharapkan penerapan PSBB bisa menurunkan atau bahkan menghentikan penyebaran Covid-19, khususnya di Malang Raya.

Namun, langkah PSBB tersebut perlu mendapatkan dukungan penuh dari seluruh pihak, termasuk menyangkut kedisiplinan warga.

“Mudah-mudahan PSBB bisa memberikan signifikansi penurunan bahkan penghentian penyebaran Covid-19 di Malang Raya,” kata dia.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur bersama tiga daerah di wilayah Malang Raya akan memastikan aturan berupa peraturan wali kota dan peraturan bupati bisa diselesaikan Rabu malam ini sehingga proses sosialisasi PSBB ke masyarakat bisa segera dilakukan Kamis (14/5/2020).

Di Malang Raya, terdapat 80 kasus positif Covid-19. Dari total jumlah tersebut, 26 orang dinyatakan sembuh, yang terbagi dari Kota Batu satu orang sembuh, Kota Malang 10 orang, dan Kabupaten Malang 15 orang.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
30o
Kurs