Jumat, 19 April 2024

Penyebab Ledakan di Pabrik Bioetanol Mojokerto Diduga dari Percikan Api Las

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Pemadaman kebakaran dan ledakan di Pabrik Etanol PT. Enero Mojokerto. Foto: Fuad Maja FM

Penyebab ledakan disertai kebakaran di pabrik Bioetanol PT. Energi Argo Nusantara (Enero) di Jalan Raya Gedeg, Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto diduga dari percikan api las.

AKBP Deddy Supriadi Kapolresta Mojokertoe mengatakan, berdasarkan keterangan beberapa saksi di lokasi kejadian maupun para pekerja kontruksi yang mengalami luka luka, memang terdapat aktifitas kontruksi pipanisasi dengan mengunakan las sebelum terjadinya ledakan.

Lokasi pengerjaan kontruksi bangunan pipanisasi sendiri, lanjut Deddy tidak jauh dari tangki penampungan Bioethanol kapasitas 15.000 liter.

“Sehingga dugaan kami awal pada pengerjaan konstruksi itu terjadinya kebakaran akibat percikan pengelasan yang saat itu sedang dilakukan,” ujar Deddy dikutip Fuad Reporter Maja FM di lokasi Pabrik Bioethanol Mojokerto, Selasa (11/8/2020).

Percikan api las saat pengerjaan Penyebab Ledakan di Pabrik Beoetanol Mojokerto Diduga dari Percikan Laskonstruksi fisik pipinisasi tersebut diduga mengenai tangki penampungan Bioethanol kapasitas 15.000 liter sehingga memicu ledakan dan kebakaran.

Namun mengenai penyebab pasti ledakan tangki penampungan Bioethanol ini masih dalam proses penyelidikan oleh Polres Mojokerto Kota.

Sejauh ini, Polres Mojokerto Kota bersama Tim Labfor Cabang Surabaya Polda Jatim masih melakukan proses penyelidikan di lokasi ledakan tangki penampungan Bioethanol. Hal ini dilakukan untuk memastikan terkait penyebab dan akibat terjadinya kebakaran.

“Namun mengenai penyebab pasti kejadian ini akan dirampungkan Tim Labfor Cabang Surabaya Polda Jatim guna memastikan apakah ada unsur kelalaian atau tidak,” ungkapnya usai melakukan peninjauan proses olah tempat kejadian perkara.

Dirinya juga mengunkapkan, selama proses penyelidikan, pihaknya mengehentikan sementara aktifitas pekerjaan yang ada di dalam pabrik pabrik Bioetanol PT. Energi Argo Nusantara (Enero)

Selin itu, petugas juga memasang garis Police Line pada pintu gerbang masuk ke lokasi Pabrik Bioethanol Mojokerto.

Tim Labfor Cabang Surabaya Polda Jatim bersama Polres Mojokerto Kota dan pihak perusahaan Pabrik Bioethanol nampak masih melakukan proses Olah TKP di lokasi kejadian kebakaran.

Sebelumnya, insiden ledakan disertai kebakaran terjadi di pabrik Beoetanol PT. Energi Argo Nusantara (Enero) di Jalan Raya Gedeg, Desa Gempolkerep, Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto pada Senin (10/8/2020) sekitar pukul 15.30 WIB.

Ledakan dan Kebakaran yang terjadi di dalam pabrik PT. Energi Argo Nusantara (Enero) juga mengakibatkan kerusakan rumah warga serta mengakibatkan satu pekerja konstruksi tewas dan 10 pekerja mengalami luka bakar.

Sejumlah pekerja konstruksi adalah pihak rekanan dari Pabrik Bioethanol yang mengalami luka bakar kini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Gatoel, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto. (fad/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs