Kamis, 25 April 2024

Penyemprotan Disinfektan Serentak oleh Polri Disertai Sosialisasi Cegah Covid-19

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Jalan Kedung Cowek, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (31/3/2020). Penyemprotan disinfektan di akses jalan menuju ke Jembatan Suramadu itu untuk mencegah penyebaran Covid-19. Foto : Antara

Polri melakukan penyemprotan disinfektan serentak di seluruh Indonesia pada Selasa (31/3/2020). Kegiatan ini berdasarkan telegram bernomor ST/1008/III/KES.7/2020 yang isinya memerintahkan penyemprotan disinfektan secara massal. Dalam rangka mendukung keselamatan masyarakat diperlukan gerakan preventif secara masif dan serentak untuk meminimalisir tingkat penyebaran virus corona (Covid-19).

Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kabid Humas Polda Jatim mengatakan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena cairan yang digunakan aman, sesuai anjuran dinas kesehatan.

“Yang kita semprot, bukan orangnya, tapi kendaraan, fasilitas umum seperti taman dan lainnya yang sering dikunjungi masyarakat, jadi sasaran kita adalah tempat dan benda,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Selasa.

Penyemprotan Selasa pagi ini di Kota Surabaya telah dilaksanakan oleh 3 tim anggota Polri di sepanjang Jalan Mayjen Sungkono, Kertajaya, hingga Dharmahusada.

Selain menyemprot disinfektan, polisi juga memberikan sosialisasi melalui audio kepada masyarakat agar tetap menerapkan social distancing dan physical distancing, rajin cuci tangan, memakai hand sanitizer, memakai masker saat keluar rumah.

Secara umum situasi di Jawa Timur, kata Trunoyudo, masih kondusif. Pasien Covid-19 di Jawa Timur sudah mulai banyak yang sembuh dan jumlahnya menurun.(iss/rst)

Bagikan
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs