Kamis, 28 Maret 2024

Perusahaan Novacyt Luncurkan Tes Pembeda Covid-19 dengan Influenza

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Seorang anggota staf gawat darurat, memakai APD dan masker pelindung, melakukan tes swab masal kepada seorang pasien di dalam sebuah gimnasium L'Huisserie, di dekat Laval, di departemen Mayenne, Prancis, Rabu (15/7/2020). Foto: Reuters/Stephane Mahe

Perusahaan yang berfokus pada diagnosa klinis, Novacyt, pada Kamis (27/8/2020) meluncurkan sebuah pengujian untuk membedakan antara Covid-19 dan penyakit umum selama musim dingin.

Perusahaan yang berbasis di Prancis itu merupakan satu dari banyak perusahaan perawatan kesehatan, yang sahamnya meningkat signifikan selama pandemi,

Novacyt mengatakan panel uji “Winterplex” miliknya mencakup dua target gen khusus untuk Covid-19, serta target gen untuk influenza A&B dan respiratory syncytial virus (RSV).

“Kami yakin Winterplex menjadi salah satu panel uji pernapasan pertama yang disetujui di dunia, yang mampu membedakan antara Covid-19 dan penyakit pernapasan umum lainnya,” kata Graham Mullis CEO Novacyt dikutip dari Reuters yang dilansir Antara.

Novacyt mengatakan bahwa produk baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan pendapatan utama. Saham Nocacyt yang terdaftar di Paris naik sekitar 6 persen pada perdagangan pagi, dengan harga saham melonjak sekitar 1.900 persen sejak awal 2020.

Panel uji pernapasan reaksi berantai polimerase (PCR) baru Novacyt merupakan satu dari banyak produk jenis PCR yang sudah berada di pasaran, yang digunakan untuk mendiagnosa keberadaan Covid-19.

Tes PCR merupakan metode tes Covid-19 yang dipilih di banyak negara. Tes tersebut mendeteksi kehadiran virus corona dengan memperkuat materi genetiknya ke suatu titik, di mana dapat ditemukan oleh para ilmuwan.(ant/tin/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs