Selasa, 7 Desember 2021

PMI Jatim Disinfeksi Massal ke Sarana Publik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Relawan PMI Provinsi Jatim melakukan penyemprotan cairan disinfektan (disinfeksi) secara massal di berbagai wilayah di Jatim. Foto: Humas PMI Provinsi Jatim

Menjelang penerapan normal baru di Jawa Timur, Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan penyemprotan disinfektan atau disinfeksi massal ke sejumlah sarana publik.

“Sejumlah relawan PMI tingkat kota dan kabupaten di Jatim telah diinstruksikan melakukan peyemprotan tempat-tempat yang mulai beroperasi di masa transisi ini seperti pasar, lembaga pendidikan baik formal maupun non-formal dan sarana publik lainnya,” kata Priska Kepala Biro Humas PMI Jatim, Minggu (21/6/2020).

Hingga saat ini, sedikitnya 110.560 sarana publik telah disterilisasi oleh PMI. Di antaranya tempat ibadah, kantor, halte, taman, pasar, sekolah, fasilitas umum, fasilitas kesehatan, sampai permukiman warga.

Disinfeksi ini dilakukan di wilayah Kabupaten Pamekasan, Kediri, Bojonegoro dan Banyuwangi. Disinfeksi juga difokuskan ke pondok pesantren yang tengah melakukan penerimaan santri baru dan kegiatan akan kembali dibuka di massa transisi ini.

Penyemprotan cairan disinfektan ini rutin dilakukan di tempat-tempat ibadah karena sudah mulai dibuka kembali untuk umum, namun dengan tetap mengetatkan protokol kesehatan.

Ismiyati Humas PMI Banyuwangi menambahkan, selain melakukan penyemprotan di fasilitas publik, PMI Banyuwangi juga rutin mengisi ulang tandon cuci tangan yang telah dipasang di sejumlah tempat umum.

Menjelang normal baru ini, PMI juga aktif mengerahkan relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) untuk melaksanakan promosi kesehatan.

 

Protokol kesehatan harus diperketat menjelang tatanan normal baru. Sesuai imbauan Jusuf Kalla Ketua Umum PMI yang selalu mengingatkan agar masyarakat tetap patuh.

“Jangan lengah, tetap gunakan masker, jaga jarak, selalu berperilaku hidup bersih dan sehat dan jaga kesehatan,” katanya.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
26o
Kurs