Rabu, 24 April 2024

Presiden Periksa Persiapan New Normal di Masjid Istana

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden bersama Pratikno Mensesneg memeriksa persiapan new normal di Masjid Baiturrahim, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (5/6/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden pada Kamis (4/6/2020) ini mengawali agenda kerjanya dengan memeriksa persiapan penerapan tatanan normal baru (new normal), di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Begitu tiba dari Istana Bogor sekitar pukul 09.05 WIB, Presiden langsung menuju Masjid Baiturrahim yang ada di sisi sebelah barat Istana Merdeka.

Di situ, sejumlah petugas kebersihan terlihat sedang menyemprotkan cairan disinfektan ke berbagai area masjid.

Lalu, Jokowi bersama Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden, dan Bey Machmudin Deputi Bidang Pers, Protokol dan Media masuk ke dalam masjid.

Sesudah sekitar 10 menit memeriksa dan berbicara dengan petugas kebersihan, Presiden membasuh tangannya dengan cairan pembersih (hand sanitizer), dan keluar area masjid.

Dalam keterangannya, Jokowi mengatakan pemeriksaan yang dilakukan itu terkait persiapan menuju tatanan normal baru, di mana masyarakat harus beradaptasi dengan kebiasaan baru.

Presiden berharap, Masjid Baiturrahim, dan masjid-masjid lain bisa segera dibuka untuk umum, sehingga Umat Muslim bisa kembali melaksanakan salat sendiri atau berjamaah seperti Salat Jumat.

“Pagi ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di Istana, dalam rangka persiapan menuju sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru untuk nantinya masjid ini segera bisa kita pakai bersama-sama untuk salat berjamaah mau pun salat sendiri,” ujarnya.

Dengan penataan dan penerapan protokol kesehatan, Jokowi yakin masjid dan tempat ibadah agama lainnya bisa melaksanakan tatanan normal baru untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Kami harap dengan penataan, dengan tanda-tanda yang jelas, juga dengan pembersihan masjid dengan disinfektan, nanti bila Salat Jumat sudah dimulai lagi, Masjid Baiturrahim sudah siap untuk melaksanakan tatanan normal baru,” harapnya.

Sekadar informasi, kemarin, Rabu (3/6/2020), Jusuf Kalla Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengatakan, masjid-masjid di Jakarta, besok, Jumat (6/6/2020), kemungkinan akan kembali menggelar Salat Jumat.

Politisi senior yang akrab disapa JK mengaku sudah berkonsultasi dengan Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, dan Jokowi Presiden mengenai rencana tersebut.

Mantan Wakil Presiden itu juga mengungkapkan, besok dia akan melaksanakan Salat Jumat di Masjid Al Azhar, Jakarta Selatan. Sedangkan Jokowi kemungkinan Salat Jumat di Masjid Baiturrahim, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta.

Sebelumnya, Presiden menyatakan pembukaan tempat ibadah, sekolah dan berbagai tempat kegiatan ekonomi harus melalui tahapan ketat, dengan memperhatikan tingkat penularan awal dan angka reproduksi kasus Covid-19.(rid/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs