Jumat, 29 Maret 2024

Presiden Perintahkan TNI AU Memperkuat Pengamanan Udara Daerah Perbatasan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Marsekal TNI Fadjar Prasetyo KSAU menjalani prosesi pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Rabu (20/5/2020), melantik Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU).

Sesudah prosesi pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Marsekal TNI Fadjar mengungkapkan ada pesan khusus yang disampaikan Jokowi.

Presiden, kata KSAU, memintanya memperkuat pengamanan wilayah udara di daerah-daerah yang berbatasan dengan negara lain.

Merespon pesan RI 1, Marsekal Fadjar menegaskan akan menindaklanjuti dengan meningkatkan kesiapsiagaan.

“Ya, ada pesan khusus dari Presiden untuk TNI AU, yaitu pengamanan wilayah udara di daerah perbatasan dengan negara lain. Pesan khusus itu akan kami tindaklanjuti. Walau pun ada pandemi Covid-19, kami akan tetap meningkatkan kesiapsiagaan,” ucapnya di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta.

Sementara itu, terkait adanya pandemi Covid-19, KSAU menyebut tidak ada perubahan strategi pertahanan TNI AU.

Menurutnya, strategi pertahanan selalu merespon setiap ancaman. Walau ancaman belum terdeteksi, TNI AU tetap melakukan operasi rutin.

Lebih lanjut, soal alat utama sistem senjata (alutsista), Fadjar menegaskan urusan itu sudah diprogramkan oleh Kementerian Pertahanan, Mabes TNI dan setiap matra.

Peningkatan kekuatan alutsista, kata Marsekal Fadjar memang sebuah kebutuhan. Tapi, realisasinya selalu menyesuaikan ketersediaan anggaran.

Sekadar informasi, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo sebelumnya menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Alumnus Akademi TNI Angkatan Udara angkatan 1988 itu menjadi KSAU menggantikan Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang akan pensiun pada Juni 2020.(rid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs