Kamis, 25 April 2024

Presiden Tukar Pandangan Soal Pancasila dan Masalah Kebangsaan dengan Purnawirawan TNI-Polri

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Jumat (19/6/2020), menerima purnawirawan TNI-Polri dan Legiun Veteran Indonesia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Jumat (19/6/2020), menerima purnawirawan TNI-Polri dan Legiun Veteran Indonesia, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Dalam pertemuan tertutup itu, Presiden bertukar pendapat serta menerima aspirasi mengenai masalah-masalah kebangsaan.

Mahfud MD Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) menjelaskan, ada beberapa hal yang dibahas bersama.

“Tadi Presiden menerima purnawirawan TNI-Polri dan pimpinan legiun veteran Indonesia untuk bertukar pendapat, menerima aspirasi, dan masukan tentang masalah-masalah kebangsaan kita,” ujarnya selepas pertemuan.

Menurut Mahfud, dari sekian banyak hal yang dibicarakan, ideologi Pancasila menjadi fokus pembicaraan yang belakangan menjadi diskursus publik yang hangat.

“Tadi didiskusikan dengan Bapak Presiden, legiun veteran dan purnawirawan TNI itu menyampaikan usul-usul yang sifatnya konkret. Tetapi prinsipnya sama antara Presiden dan kita semua yang hadir tadi bahwa Pancasila itu adalah ideologi yang sudah final,” tuturnya.

Payung hukum terhadap hal tersebut, Mahfud melanjutkan, juga sangat kuat.

“Tap MPRS Nomor 25 Tahun 1966 itu berlaku mutlak karena sudah dikunci keberlakuannya oleh Tap MPR Nomor 1 Tahun 2003. Pada masalah itu sama semuanya, sependapat. Pancasila itu adalah Pancasila yang ada di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 tanggal 18 Agustus,” pungkasnya.

Dalam pertemuan dengan para purnawirawan TNI dan Polri serta legiun veteran tersebut Presiden juga didampingi Pratikno Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Marsekal Hadi Tjahjanto Panglima TNI, dan Jenderal Polisi Idham Azis Kapolri.

Purnawirawan yang hadir antara lain, Try Sutrisno Wakil Presiden ke-6 RI, Saiful Sulun Ketua Umum Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Bantu Hardjijo Wakil Ketua Umum LVRI, FX Soejitno Sekretaris Jenderal LVRI, Djoko Suyanto Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Udara, dan Soekarno Sekretaris Jenderal Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri.

Selain itu, hadir juga Kiki Syahnakri Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat, Toni Hartono Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat, Bambang Darmono Forum Komunikasi Purnawirawan TNI-Polri, Ade Supandi Ketua Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut , dan Bambang Hendarso Danoeri Ketua Persatuan Purnawirawan Polri. (rid/ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs