Kamis, 25 April 2024

Presiden Ukraina: Kebenaran Pesawat Jatuh di Iran Tak Dapat Disembunyikan

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Keluarga para kru pesawat Ukraine International Airlines berdoa di depan foto para korban di Boryspil international airport, Kiev, Ukraina, Rabu (8/1/2020) waktu setempat. Foto: Reuters

Sejumlah penemuan oleh pakar Ukraina di Iran menandakan, bahwa kebenaran soal kejatuhan pesawat penumpang Ukraina tidak dapat disembunyikan. Hal itu disampaikan oleh Volodymyr ZelenskiyPresiden melalui pidatonya, Sabtu (11/1/2020).

Presiden mengatakan dirinya sepakat dengan Hassan Rouhani Presiden Iran soal kerja sama untuk memecahkan kode kotak hitam dari pesawat Ukraina itu, yang tertembak jatuh pekan ini.

Zelenskiy juga mendesak semua mitra internasional Ukraina agar bersatu dan tak menyerah hingga penyelidikan peristiwa nahas itu rampung.

Iran pada Sabtu (11/1/2020) mengaku bahwa militer mereka melakukan “kesalahan fatal” dengan menembak jatuh sebuah pesawat Ukraina hingga menewaskan seluruh 176 orang di dalamnya.

Menurut Iran, senjata pertahanan udaranya tak sengaja ditembakkan saat berada dalam status waspada setelah roket Iran menghantam sejumlah target Amerika Serikat di Irak. Demikian dikutip Reuters yang dilansir Antara.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs