Jumat, 26 April 2024

Salurkan Instalasi Panen Air Hujan Jadikan Desa Tangguh Bencana

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Uji coba Instalasi Panen Hujan dalam KKN Tematik Bencana Unitomo. Foto: Humas Unitomo

Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) memberikan sebuah unit Instalasi Panen Air Hujan, bekerjasama dengan BPBD) Provinsi Jawa Timur, sebagai bagian KKN Tematik Bencana di Padusan, Mojokerto.

Ditemui di sela kegiatan penutupan KKN, Fadjar Kurnia Hartati, Ketua LPPM mengatakan KKN Tematik Bencana yang sudah berlangsung sejak Jum’at (20/11/2020) lalu memberikan kemanfaatan bersama untuk lembaga dan masyarakat setempat.

“Ini berkat sinergi antara LPPM, PSBL, BPBD, dan Perangkat Kecamatan serta Desa Padusan dalam melaksanakan program-program yang telah disusun oleh tim dan peserta KKN,” terang Doktor Bidang Ketahanan Pangan ini.

Fadjar menambahkan, meski telah dilaksanakan penutupan secara seremonial mahasiswa peserta KKN, tetap melaksanakan kegiatan evaluasi atas program kerja yang telah dilakukan. “Jadi praktis mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN Tematik Bencana ini selama satu bulan penuh, mulai dari persiapan pemetaan persoalan, penyusunan dan implementasi program, hingga evaluasi,” kata Fadjar.

Sementara itu, Hendro Wardhono, Ketua PSBL menyampaikan bahwa program kerja yang diterapkan untuk masyarakat Desa Padusan kali ini oleh para mahasiswa dirasa memang sangat tepat guna.

“Menjadikan masyarakat tangguh bencana hingga menggeliatkan sosio ekonomi desa wisata merupakan program yang langsung bisa dirasakan masyarakat. Terlebih kita juga memberikan edukasi tentang memanfaatkan air hujan menggunakan alat panen air hujan, yang kita tau saat ini sedang musim penghujan,” tegas Hendro yang juga Direktur Pusat Penelitian dan Pelatihan Indonesia Tangguh (Pusppita).

Pusat Studi Bencana dan Lingkungan (PSBL) Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) memberikan sebuah unit Instalasi Panen Air Hujan ke Desa Padusan, Kecamatan Pacet Mojokerto.

Pemberian alat dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bencana semester gasal tahun akademik 2020/2021 yang diselenggarakan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini Iryani Muarifah, Kepala Desa Padusan mengungkapkan kehadiran KKN Tematik Bencana di desanya memberikan manfaat luar biasa.

“Kami sangat berterima kasih, adanya KKN dari Unitomo ini membuat warga kami yang sebelumnya tidak memerdulikan air hujan, kini kami jadi tau bisa dimanfaatkan,” kata Iryani, Senin (14/12/2020).(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
27o
Kurs