Sabtu, 20 April 2024

Salurkan Kebutuhan Pokok, Ubaya Peduli Warga Sekitar Kampus Terdampak Covid-19

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ir. Benny Lianto MMBAT Rektor Ubaya (kanan) salurkan donasi bagi masyarakat sekitar kampus terdampak Covid-19. Foto: Humas Ubaya

Peduli warga sekitar kampus terdampak Covid-19, Universitas Surabaya (Ubaya) bersama Yayasan dan Rektor, Rabu (20/5/2020) salurkan donasi kebutuhan pokok sehari-hari.

Pandemi Covid-19 serta pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berdampak luar biasa kepada masyarakat, serta berbagai lini usaha. Banyak warga masyarakat kehilangan pekerjaan. Termasuk warga masyarakat sekitar kampus Ubaya Tenggilis.

Donasi yang dilakukan Ubaya kali ini berupa sejumlah uang diwujudkan dalam bentuk bahan pangan seperti beras oleh pengurus RW ditambah dengan mie instant yang nantinya dibagikan ke 100 kepala keluarga di tiap rumah di sekitar lingkungan kampus.

Ir. Benny Lianto, MMBAT Rektor Ubaya menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada hampir semua lini kehidupan, dan Ubaya tidak hanya memperhatikan internal saja tetapi juga peduli dengan masyarakat sekitar kampus yang pasti juga terdampak Covid-19.

“Dalam situasi pandemi seperti saat ini, tentunya kita harus saling peduli dan membantu. Tidak hanya kesejahteraan civitas akademika Ubaya, tetapi kebutuhan warga sekitar kampus yang terdampak Covid-19, juga kami perhatikan. Kami juga ingin semua warga tetap sehat dan bisa bertahan selama masa pandemi,” terang Benny Lianto.

Penyauran donasi ini, ditambahkan Benny merupakan satu diantara rangkaian kegiatan dari #UbayaforIndonesia. Sebuah hastag tentang aksi nyata yang dilakukan Universitas Surabaya sejak bulan Maret 2020 menghadapi pandemi Covid-19.

Gerakan sosial ini dilakukan secara bertahap dalam rangka membantu warga masyarakat, mulai dari masyarakat sekitar kampus Ubaya Tenggilis yang terdampak Covid-19, termasuk juga bagi para mahasiswa, serta berbagai instansi yang ada di Surabaya khususnya.

Sementara itu, Yusrambono S.H., M.Si., Sekretaris Yayasan Universitas Surabaya (Ubaya) menyampaikan bahwa kegiatan ini satu diantara bentuk nilai solidaritas dan kepedulian kepada warga sekitar kampus yang terus dipupuk dan ditanamkan oleh Ubaya kepada mahasiswa dan segenap civitas academica.

“Munculnya kebutuhan dan kesulitan warga membuat kami tergerak memberikan bantuan sumbangan sembako. Harapannya ini bisa membantu warga yang sebagian terkena PHK. Paling tidak dapat meringankan beban mereka dalam memenuhi kebutuhan pokok di rumah selama masa pandemi dan PSBB ini,” tegas Yusrambono.

Sebelumnya, tambah Yusrambono, Ubaya juga berbagi berkah Ramadhan dengan membagikan ratusan takjil untuk berbuka puasa kepada warga RW 7 dan RW 8. Kegiatan berbagi takjil kepada RW 4 Panduk akan dilakukan Rabu (20/5/2020) petang, sebelum jadwal berbuka puasa.

Penyaluran donasi bagi warga masyarakat sekitar kampus Ubaya Tenggilis yang tergolong terdampak pandemi Covid-19, dilaksanakan langsung oleh Ir. Benny Lianto, MMBAT Rektor Ubaya bersama Yusrambono S.H., M.Si., Sekretaris Yayasan Ubaya kepada Ketua RW 3 Bakung Kelurahan Kali Rungkut, Surabaya.(tok)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs