Kamis, 2 Mei 2024

Sambut Maba, Rektor Unitomo Resmikan PKKMB 2020

Laporan oleh Chusnul Mubasyirin
Bagikan
Mahfud MD Menpolhukham turut dihadirkan dalam pertemuan yang dilakukan secara daring, Selasa (22/09/2020). Foto: Humas Unitomo

Menyambut tahun akademik baru 2020/2021, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB), Selasa (22/09/2020).

Bertempat di Auditorium Ki Moh. Saleh, kegiatan mahasiswa baru (maba) diikuti 600 peserta. Acara PKKMB digelar secara Luring dan Daring melalui aplikasi Zoom, dengan mengusung tema “Generasi Muda Kreatif di Era Industri 4.0”.

Budiyono, Ketua Pelaksana, mengatakan PKKMB kali ini unik karena bertepatan dengan situasi pandemi Covid-19.

“PKKMB Daring maupun Luring, kami selenggarakan dengan mematuhi protokol kesehatan ketat. Jumlah peserta yang hadir langsung, hanya 10 orang perwakilan fakultas dan maba Bidikmisi KIP,” jelasnya.

Sedangkan undangan internal, ia menambahkan, dibatasi hanya 14 orang. “Untuk seluruh peserta yang hadir, tentu sudah kami sediakan APD (alat pelindung diri), seperti face shield, masker dan sarung tangan. Penataan ruangan dan kursi disesuaikan standar keamanan kesehatan yang ditetapkan pemerintah,” imbuh dosen Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) ini.

Kegiatan PKKMB diawali dengan pembukaan simbolis oleh Bachrul Amiq Rektor, dengan menyematkan tanda peserta kepada 10 maba yang hadir. Lalu sebelum pemberian materi visi dan misi Unitomo, rektor memperkenalkan jajaran pimpinan Yayasan Pendidikan Cendekia Utama (YPCU), Rektorat, Dekanat kepada seluruh peserta PKKMB.

“Syukur alhamdulilah, berkat ijin Allah kita dapat melaksanakan PKKMB meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19. Saya besyukur karena mahasiswa yang hadir disini maupun melalui daring, sudah menetapkan pilihan studi lanjutnya di Unitomo sebagai perguruan tinggi terbaiknya. Apresiasi terbaik buat para maba dan saya ucapkan selamat bergabung di Unitomo,” tuturnya.

Selain itu, Amiq menjelaskan pentingnya membentuk karakter dan perilaku mulia bagi mahasiswa baru, terutama di lingkungan akademis.

“Kuliah di Unitomo berarti Anda menyandang beban niai-nilai luhur Dr. Soetomo pahlawan nasional yang mementingkan budi pekerti mulia. Orang boleh hebat ilmunya atau akademiknya, tapi yang lebih penting sebenarnya akhlak atau perilakunya yang baik. Ini menjadi ciri khas kampus kita. Unitomo tidak hanya meluluskan sarjana-sarjana pintar dalam ilmunya, tapi juga tinggi etikanya,” paparnya.

Sementara Suyanto, Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan, mengatakan akan disuguhkan pemaparan materi mengenai bidang akademik dan sistem pembelajaran online, administrasi dan keuangan, kemahasiswaan, serta kerjasama dan kemitraan yang akan disampaikan oleh para Wakil Rektor agar lebih dalam mengenal kampus Unitomo.

Untuk memberi arahan dan motivasi kepada mahasiswa baru, turut dihadirkan Mahfud MD Menpolhukham, Hadi Sulistyo Kadinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim dan Bro Jabro, youtuber kondang.

Mereka dihadirkan dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat belajar bagaimana menjadi pribadi yang berkarakter, bermoral, tangguh dan kreatif di keilmuannya.

“Kami suguhkan pula materi menarik lainnya, seperti pengenalan unit kegiatan mahasiswa (UKM) dalam demo video profil UKM unggulan di Unitomo, agar nantinya maba tertarik dan dapat menyalurkan potensi serta bakatnya selama kuliah,” kata Suyanto.

Pelaksanaan PKKMB Unitomo 2020 ini, lanjutnya, akan berlangsung tiga hari ke depan. Di dalamnya ada pelaksanaan bimbingan dan konseling dari masing-masing fakultas.

Kegiatan PKKMB akan diakhiri dengan acara inagurasi sebagai tanda resminya maba menjadi mahasiswa yang secara mental sudah siap melaksanakan perkuliahan di Unitomo.

“Semoga PKKMB ini menjadi awal dari proses adaptasi yang maksimal untuk maba di lingkungan Unitomo. Setidaknya mahasiswa tidak bingung saat mengimplementasikannya selama aktif perkuliahan di kampus,” tutur Suyanto. (cus/lim)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs