Jumat, 29 Maret 2024

Sebanyak 4,5 Juta Masyarakat Mengungsi Akibat Bencana di Indonesia

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Ilustrasi, tanah longsor. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sekitar 4,5 juta masyarakat terpaksa mengungsi akibat bencana alam di Indonesia selama Januari hingga 9 Oktober 2020.

“Sebanyak 302 saudara kita meninggal dunia dan 25 orang hilang,” kata Lilik Kurniawan Deputi Bidang Pencegahan BNPB pada kegiatan virtual peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang dipantau di Jakarta, Senin (12/10/20200.

Indonesia sejak dahulu, sekarang, dan yang akan datang dihadapkan dengan berbagai bencana. Bahkan, saat ini ancaman bencana tersebut semakin besar dan dampaknya juga akan meluas.

Hal itu juga terkait dengan pemanasan global dan pengaruh perubahan iklim. Pada saat yang sama, Indonesia dan negara-negara lain saat ini juga masih berjuang menghadapi pandemi Covid-19.

Hingga 11 Oktober 2020, ujar Lilik, jumlah masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 yakni 333.449 orang, sembuh 255.029 orang, dan meninggal 11.844 orang.

Dengan banyak bencana alam maupun nonalam yang terjadi di Indonesia bahkan trennya semakin meningkat setiap tahun, maka dibutuhkan sejumlah upaya oleh pemerintah pusat maupun daerah.

Pada peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana 2020, BNPB menghadirkan empat kepala daerah yang dinilai cukup berhasil dalam mengatasi bencana di daerah masing-masing.

“Saya yakin sudah berbuat banyak untuk ketangguhan daerah dalam pengurangan risiko bencana,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Sebanyak empat kepala daerah tersebut, yaitu Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, Erzaldi Rosman Djohan Gubernur Bangka Belitung, Richard Louhenapessy Wali Kota Ambon, dan Zaenal Arifin Bupati Magelang.

Lilik berharap, paparan yang disampaikan empat kepala daerah terkait dengan ketangguhan daerah dalam pengurangan risiko bencana dapat menjadi contoh pula bagi daerah-daerah lain di Indonesia.

“Tujuannya agar daerah lain menjadi kuat dan tangguh. Hal itu tentunya berimbas pada upaya kita dalam melindungi masyarakat,” ujar dia.

Secara umum, peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan setiap tahun memiliki tujuan agar semua lapisan masyarakat saling belajar dan bekerja sama, sebab bencana alam tidak mengenal batas administrasi suatu wilayah.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs