Sabtu, 20 April 2024

Sebelum ke Surabaya Kapal Viking Sun ke Labuan Bajo dan Semarang

Laporan oleh Zumrotul Abidin
Bagikan
Ilustrasi. Kapal Viking Sun. Foto: cruisemapper.com

Wilis Aji Vice Presiden Coorporate Communications (Manager Humas) Kantor Pusat Pelindo III mengatakan, belum ada pembatalan rencana kedatangan kapal pesiar Viking Sun ke Surabaya, Jumat 6 Maret mendatang.

“Rencananya yang masuk itu Viking Sun. Tujuan mereka Labuan Bajo, Pulau Komodo, ke Semarang, lalu ke Surabaya,” kata Wilis kepada suarasurabaya.net, Senin (2/3/2020).

Kapal berbendera Norwegia itu mengangkut 1.300 orang, baik penumpang maupun awak kapal. Rata-rata penumpang dari Australia dan London.

“Kapal itu berisi 460 kru, dan 848 passenger. Kebanyakan penumpang dari Australia dan London,” katanya.

Sebelum ke Indonesia, Viking Sun berangkat dari Darwin Australia, dengan tujuan sandar di Pulau Komodo pada 2 Maret, lalu pada 5 Maret ke Semarang, dan tanggal 6 Maret ke Surabaya, selanjutnya ke Bali.

“Habis dari Surabaya ke bali,” katanya.

Kalau dari Pelindo kita nyiapkan yang di dermaga. Selama inu kkp kan diantar ke palur untuk naik ke kapal.

Menurut Wilis pekerjaan beratnya sebenarnya saat pemeriksaan di Labuan Bajo saat Kapal itu start dar Darwin Australia. Sehingga, saat dinyatakan bersih dari virus corona di Labuan Bajo, ketika di Semarang, Surabaya, dan Bali maka pemeriksaannya tidak terlalu berat.

“Nanti kalau sudah dinyatakan clear di Labuan Bajo, di Semarang mungkin effort-nya tidak setinggi itu. Tapi tetap diperiksa, sebelum masuk Surabaya KKP juga memeriksa, infonya seperti itu,” katanya.

Sebelumnya, Tri Rismaharini Wali Kota Surabaya telah menyiapkan langkah antisipasi pemeriksaan kesehatan terhadap para penumpang Viking Sun yang akan sandar pada 6 Maret di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Risma mengaku telah berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi terkait hal ini. (bid/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs