Sabtu, 20 April 2024

Semangat Gotong-royong, FBE Berbagi Sesama di Sejumlah Daerah Indonesia

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Mahasiswa Fakultas Bisnis Ekonomi (FBE) Universitas Surabaya bersama Badan Eksekutif Mahasiswa menggelar program FBE Berbagi. Foto: Totok suarasurabaya.net

Program FBE Berbagi implementasi gotong-royong bagi sesama terdampak pandemi Covid-19 digelar serentak di sejumlah daerah di Indonesia.

Mahasiswa Fakultas Bisnis Ekonomi (FBE) Universitas Surabaya bersama Badan Eksekutif Mahasiswa menggelar program FBE Berbagi sebagai bentuk semangat gotong royong pada sesama ditengah pandemi Covid-19, dan digelar serentak di sejumlah kota di luar Surabaya maupun luar pulau Jawa.

Para mahasiswa FBE Ubaya yang berasal dari berbagai kota dan daerah di Jawa maupun luar Jawa, secara serentak membagikan sembako pada warga masyarakat di sekitar tempat tinggal masing-masing yang terdampak pandemi Covid-19 saat ini.

Melibatkan kurang lebih 30 aktivis mahasiswa sebagai relawan yang tersebar di berbagai kota dan daerah di Indonesia untuk membantu warga masyarakat yang saat ini terdampak Covid-19. Pandemi Covid-19 dan penerapan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) membuat warga masyarakat resah dan kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Fakta inilah yang kemudian menggelitik para mahasiswa FBE Ubaya tergerak dan berinisiatif untuk peduli dan berbagi kepada warga yang membutuhkan.

“Ketika pandemi seperti ini terjadi, banyak masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Masyarakat makin kesulitan dalam mencari nafkah atau penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, padahal di situasi seperti sekarang kesehatan juga perlu dijaga dengan asupan yang baik. Kami ingin membantu warga dalam memenuhi kebutuhan itu,” terang Karel Sava Kurniawan Wakil Ketua BEM FBE Ubaya.

Mahasiswa FBE Ubaya yang kembali ke daerah asal masing-masing, dan tersebar di berbagai daerah tersebut membagikan paket sembako di sekitar rumah tempat tinggal mereka dan terdampak Covid-19. Pembagian paket sembako berupa beras, minyak, gula, makanan kaleng, produk olahan makanan beku (frozen food), dan mie instan, diharapkan bermanfaat serta menambah asupan makanan bergizi.

“Kami berbagi di daerah kami masing-masing, tidak hanya di kota Surabaya tetapi juga ada yang di Kediri dan Bali, Lampung, Flores dan Ambon. Masing-masing relawan berasal dari berbagai daerah dan kami akhirnya mengambil keputusan untuk berbagi tidak hanya di kota Surabaya mengingat yang terkena dampak Covid-19 dirasakan warga di seluruh daerah di Indonesia,” tambah Karel, sapaan Karel Sava Kurniawan.

Paket sembako tersebut dibagikan kepada warga masyarakat terdampak pandemi Covid-19 yang bekerja sehari-hari sebagai pekerja harian seperti tukang becak, penyapu jalanan, dan tukang sampah. Melalui kegiatan ini, Karel berharap partisipasi serta eksistensi mahasiswa FBE Ubaya hadir dalam membantu masyarakat yang benar-benar membutuhkan, dan menumbuhkan semangat gotong-royong.

“Semoga bentuk bantuan seperti ini dapat terus dilakukan, tidak hanya berhenti sampai disini karena melihat bahwa banyak orang yang butuh pertolongan. Meskipun hal kecil sekalipun namun sungguh berarti bagi orang lain yang membutuhkan. Jangan lupa tetap jaga kesehatan dan saling peduli kepada sesama,” pungkas Karel, Kamis (28/5/2020). (tok/bas/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs