Jumat, 29 Maret 2024

Seribu Orang Lebih Manfaatkan Call Center Konsultasi Covid-19

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Pemprov Jatim membuka layanan call center 1500117 untuk masyarakat yang ingin berkonsultasi seputar Corona Virus Disease (Covid-19), sejak awal Maret 2020. Tercatat hingga Sabtu (18/4/2020), sudah ada 1.014 orang yang memanfaatkan call center tersebut.

Call center ini dibentuk dan ditempatkan di posko kesehatan Gedung Grahadi untuk membantu masyarakat yang ingin mendapatkan informasi seputar Covid-19 maupun upaya pencegahannya,” ujar Benny Sampirwanto Kepala Dinas Kominfo Jatim, berdasarkan rilis yang diterima suarasurabaya.net.

Selain konsultasi, kata Benny, masyarakat juga memanfaatkan call center itu untuk kepentingan yang lain. Di antaranya, soal permohonan Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 10 persen, informasi tentang Corona 23 persen, permohonan rapid test 6 persen, dan informasi permohonan penyemprotan sebesar 2 persen.

Benny juga menyebut, telepon terkait konsultasi kesehatan paling banyak ia terima. Untuk itu, pihaknya pun sudah menyediakan tenaga medis, baik dokter maupun tenaga medis lain, yang siap menerima siapapun yang ingin berkonsultasi seputar kesehatan melalui telepon.

Call center ini merupakan alternatif pilihan bagi masyarakat yang lebih suka berinteraksi langsung via telepon dengan tenaga medis. Alternatif lainnya, menggunakan teknologi berbasis internet melalui akses website: forumcovid19.jatimprov.go.id,” kata dia.

Para tenaga medis yang disediakan itu, lanjut dia, merupakan tenaga kesehatan yang bekerja di beberapa rumah sakit pemerintah di Jatim, yang diharapkan bisa berkontribusi langsung di Satgas. Salah satunya, menerima berbagai keluhan masyarakat dan memfasilitasi solusinya.

Selain terkait Covid-19, call center 1500117 juga memberikan akses masyarakat terhadap hal-hal terkait kebencanaan di Jatim. (ang/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
27o
Kurs