Kamis, 25 April 2024

Survei Indo Barometer Menyebut Nadiem Makarim Menteri Profesional Terbaik

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Foto : Wikipedia

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tercatat sebagai menteri dari kalangan profesional dengan kinerja terbaik versi Lembaga Survei Indo Barometer.

Survei yang dilakukan pada 10-17 Oktober 2020 tersebut dilakukan untuk mengukur kinerja satu tahun pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin dan Covid-19 di Indonesia.

M. Qodari Direktur Eksekutif Indo Barometer menjelaskan, dalam survei tersebut, pihaknya melontarkan pertanyaan ‘sebutkan nama menteri yang menurut responden kinerjanya bagus?. Hasilnya, publik menilai lima menteri memiliki kinerja paling bagus. Secara berurutan mereka adalah Prabowo Subianto Menteri Pertahanan (29,3%), Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (16,3), Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan (15,2%), Erick Thohir Menteri BUMN (12,2%), dan Mahfud MD Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (8,8%).

Tercatat, empat dari lima menteri terbaik versi survei Indo Barometer tersebut berasal dari kalangan profesional. Hanya Prabowo yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra.

“Kami memiliki breakdown alasan jawaban khusus untuk masing-masing menteri tersebut,” kata Qodari di Jakarta, Kamis (5/11/2020).

Dalam survei tersebut, kata Qodari, terdapat lima alasan utama publik menilai seorang menteri memiliki kinerja bagus. Yaitu, pintar/intelektual (cerdas), mempunyai jiwa kepemimpinan yang bagus, keputusannya tegas dan lugas, mempunyai hasil kerja nyata dan banyak program terobosan (visi misi ke depan).

Sebagai menteri dari kalangan profesional, lima alasan utama publik menilai Nadiem sebagai menteri kinerja bagus adalah pintar/intelektual (34,3%), banyak program terobosan (15,6%), mampu meningkatkan pelayanan pendidikan (10,4%), muda berbakat dan energik (10,4%), serta cara kerjanya bagus (5,2%).

Dalam survei tersebut, secara keseluruhan publik yang menyatakan puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo (64,6%), tidak puas (33,1%) dan tidak tahu/tidak jawab (2,3%). Dibandingkan survei September 2015, 1 tahun awal periode, ini merupakan peningkatan dimana kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi (46,0%), tidak puas (51,1%), dan tidak tahu/tidak jawab (3,0%).

Survei Indo Barometer dilaksanakan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan margin of error ± 2.83% dan tingkat kepercayaan 95%. Responden survei adalah masyarakat yang berusia minimal berusia 17 tahun atau sudah menikah dan dipilih dengan metode multistage random sampling.(faz/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs