Jumat, 26 April 2024

Tahap Kedua PSBB, Pemkot Surabaya Maksimalkan Jam Malam dan Atur Pasar

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Pasar Genteng, Surabaya memberlakukan physical distancing atau jaga jarak antar pedagang. Foto : Bangga Surabaya

Gugus Tugas Covid-19 Jatim menilai, indikator keberhasilan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tercantum di Permenkes 9/2020 tentang Pedoman PSBB belum tercapai pada tahap pertama PSBB di Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 belum terjadi. Penurunan angka kematian kasus Covid-19 di tiga daerah, serta tidak adanya penyebaran ke wilayah baru atau terhentinya transmisi lokal juga belum terjadi.

Khofifah Gubernur Jatim mengatakan, sebenarnya, hasil kajian timnya untuk PSBB tahap pertama di Kabupaten Gresik dan Sidoarjo relatif berhasil. Dua pekan PSBB di dua daerah menunjukkan adanya tren penurunan persebaran Covid-19.

Tren penyebaran kasus Covid-19 di Surabaya yang menurut Tim Gugus Kuratif Covid-19 Jatim belum menunjukkan angka penurunan yang menggembirakan. Karena itu, timnya menilai Surabaya perlu melakukan upaya lebih keras.

Hendro Gunawan Sekretaris Kota Surabaya ditemui setelah rapat evaluasi di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (9/5/2020), mengatakan, Pemkot Surabaya telah bersepakat soal perpanjangan masa penerapan PSBB selama 14 hari ke depan.

Hendro bilang, pada tahap kedua PSBB di Surabaya nanti, pemerintah kota akan meningkatkan frekuensi operasi di sejumlah titik seperti check point atau titik lain yang dianggap berpotensi terjadi penularan Covid-19, meski pelaksanaan sebelumnya dia klaim sudah cukup intensif.

“Kalau untuk operasi, kami di seluruh jajaran Pemkot sebenarnya sudah melakukan kegiatan yang cukup intensif. Kami akan tingkatkan frekuensinya. Kemudian di titik-titik sebarannya, kami akan konsentrasikan lagi supaya penanganan pembatasan jam malam bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Sebagaimana dia akui, titik persebaran penularan Covid-19 di Surabaya sudah sangat meluas. Hampir setiap kecamatan di Surabaya sudah ada kasus orang terjangkit Covid-19. Ini akibat munculnya beberapa klaster penularan, salah satunya yang terjadi di lingkungan pasar.

“Untuk pasar, kami sudah koordinasi dengan Kabag Perekonomian dan PD Pasar Surya soal pembatasan pedagang. Termasuk pengunjung. Kami sedang menata posisi tempat jualan supaya ada social distancing antara pedagang dengan pedagang dan pedagang dengan pembeli,” katanya.

Dia berharap pengaturan di pasar itu akan berdampak besar. Pemkot Surabaya juga akan meningkatkan protokol kesehatan di lingkungan pasar dengan menyediakan wastafel portabel dan pengawasan wajib pakai masker terhadap pedagang dan pengunjung pasar.(den/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs