Kamis, 25 April 2024

Temuan Kasus Covid-19, 92 Santri Ponpes Gontor Jalani Rapid Test

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Petugas melakukan tes diagnostik cepat Covid-19 (Rapid Test) santri Pondok Pesantren Gontor asal Sidoarjo di Gor Serbaguna Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (16/6/2020). Foto: Antara

Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, menjadwalkan penelusuran kesehatan 92 orang santri dan pengasuh Pondok Modern Darussalam Gontor 2 di Desa Madusari, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, yang diduga terlibat kontak erat dengan santri asal Sidoarjo yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami koordinasi dengan pihak Ponpes untuk mengetahui riwayat kontak dengan santri tersebut. Dan sampai saat ini rencananya kami akan melakukan pemeriksaan pada 92 orang (santri) kontak,” kata Rahayu Kusdarini Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Ponorogo di Ponorogo seperti yang dilansir Antara, Selasa (7/7/2020).

Nama-nama santri dan pengurus Pondok Gontor yang akan diperiksa sudah “dikantongi” pihak Dinkes. Teknis pemeriksaannya tidak sebatas dengan metode tes cepat atau rapid test Covid-19, namun juga dengan metode tes usap atau swab test.

“Untuk swab test maupun rapid test dua-duanya akan dilakukan besok,” katanya.

Teknis pemeriksaan dilakukan secara bertahap, yakni 92 santri dan pengurus Pondok Gontor yang sudah dilakukan penelusuran secara epidemologi dan diidentifikasi sebagai kontak erat/dekat lebih dulu dilakukan tes cepat Covid-19.

Jika hasil tes cepat reaktif, santri/pengasuh Pondok Gontor tersebut akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dengan metode tes usap atau swab test.

Namun jika nonreaktif, santri tersebut boleh kembali ke kamar/ruang pondok untuk melanjutkan proses karantina wilayah.

Kasus Covid-19 di Pondok Modern Darussalam Gontor 2 yang berada di Kecamatan Siman itu bermula saat seorang santri laki-laki berusia 17 tahun datang kembali ke pondok tersebut pada Rabu (17/6/2020) tanpa membawa surat keterangan sehat dengan hasil tes cepat corona dari daerah asal.

Sekitar dua pekan kemudian, Dinkes Jatim mendapatkan informasi apabila ayah kandung santri putra asal Sidoarjo itu terkonfirmasi positif Covid-19.

Dinkes Ponorogo kemudian mengambil langkah untuk memeriksa tes usap pada santri asal Sidoarjo itu. Hasilnya keluar Senin (6/7/2020) dengan keterangan positif Covid-19, sehingga langsung dilakukan isolasi di RSUD dr. Hardjono, Ponorogo.

Pemerintah Kabupaten Ponorogo kemudian melakukan tindakan cepat dengan menutup akses masuk sementara ke Pondok Modern Darussalam Gontor 2 yang berada di Desa Madusari, Kecamatan Siman, termasuk bagi warga sekitar.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs