Jumat, 26 April 2024

Tiket Kereta H-3 Lebaran Sudah Terjual 49 Persen

Laporan oleh Anggi Widya Permani
Bagikan
Ilustrasi antrean di loket tiket kereta api. Foto: Humas PT KAI

Tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2020 mulai diburu masyarakat. Salah satu tiket yang mulai banyak dipesan, yaitu tiket untuk keberangkatan pada 21 Mei 2020 atau H-3 Lebaran.

Total tiket yang sudah terjual sebanyak 7.102 atau 49 persen, dari 18.408 tiket yang disediakan. Adapun tujuan yang paling banyak diminati adalah kereta api relasi Surabaya/Malang menuju Jakarta, Bandung dan Banyuwangi.

“Tanggal favorit masa angkutan lebaran tahun ini atau yang sudah banyak dipesan tiketnya adalah tanggal 21 Mei 2020 atau H-3 Lebaran,” Suprapto Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Jumat (28/2/2020).

Selain itu, setengah dari kuota tiket yang disediakan untuk H+2 Lebaran atau 27 Mei 2020 juga sudah terjual. Total tiket yang terjual sebanyak 9.693 tiket atau 53 persen dari 18.408 tiket yang disediakan.

“Tiket paling banyak dipesan pada H+2 Lebaran. Dengan tujuan favorit adalah relasi Surabaya/Malang menuju Jakarta, Bandung dan Banyuwangi,” ujarnya.

Sehingga, total tiket yang sudah terjual selama 15 hari masa angkutan Lebaran (14-28 Mei 2020 atau H-10 sampai H+3) sebanyak 60.111 tiket. Dengan tren pemesanan paling banyak untuk pemberangkatan setelah Hari Raya Lebaran 2020.

Meski mulai banyak dipesan, Suprapto mengaku ketersediaan tiket di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya umumnya masih banyak tersedia. Kendati demikian, pihaknya menyarankan agar masyarakat merencanakan liburan masa angkutan Lebaran ini sebaik mungkin.

“Tiket bisa dipesan di web KAI, aplikasi KAI Access, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya. Bisa juga Indomaret/Alfamart yang lebih dekat jaraknya dari masyarakat. Jadi tidak perlu lagi mengantri di loket stasiun,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah pengunjung channel penjualan tiket, kata dia, KAI telah mengoptimalkan sistem penjualan tiket. Selain itu juga menambah kapasitas server dan bandwidth sebanyak dua kali lipat dari hari biasa.

“Hal ini bertujuan agar proses pemesanan tiket di seluruh channel dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (ang/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs