Rabu, 24 April 2024

Tanah Air Beta, Unjuk Karya Seniman Muda Keramik STKW

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
keramik Tanah Air Beta menampilkan karya kermaik seniman muda STKW Surabaya. Foto: totok suarasurabaya.net

Pameran karya Tanah Air Beta, Jumat (6/3/2020) tak lain adalah unjuk karya 14 seniman muda keramik STKW dengan beragam ide gagasan yang dituangkan di media keramik.

14 seniman muda Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW), mulai Jumat (6/3/2020) menggelar pameran berjudul Tanah Air Beta yang menampilkan berbagai karya keramik yang merupakan tuangan ide dan gagasan mereka.

Keramik sebagai media penuangan ide dan gagasan serta pemikiran para sneiman muda ini memang punya karakteristik yang berbeda. Berbeda dengan media seni lainnya seperti seni rupa atau seni patung.

Seni keramik punya tantangan tersendiri mulai dari proses pemilihan bahan, sekaligus memadukan keterampilan tangan, konsentrasi pikiran serta rasio hati pada saat pengerjaannya, yang dilakukan secara bersamaan.

Sekurangnya 25 karya kermaik dipamerkan, sebagai hasil penciptaan memadukan kombinasi teknik pijat jari atau piching, pilin, putar dan slap, yang kemudian pada bagian akhir di proses melalui pembakaran.

Agus Priyanto satu dantara peserta pameran Tanah Air Beta menyampaikan bahwa pameran ini memberikan inspirasi bagi seniman muda lainnya dan mendorong lahirnya para seniman keramik baru.

“Semoga ini menjadi inspirasi, dan mendorong lahirnya keramikus muda, seniman muda yang memiliki keberanian melakukan eksperimen-eksperimen dalam karyanya sekaligus ikut menjaga dan melestarikan seni keramik sebagai bagian dari seni rupa murni,” tegas Agus, Rabu (3/3/2020).

Pameran yang dijadwalkan dibuka Jumat (6/3/2020) dan bakal berakhir pada Jumat (27/3/2020) tersebut, merupakan pameran kesekiankalinya yang digelar para mahasiswa STKW dalam rangka menunjukkan pertanggungjawaban sebagai seniman muda.

Sementara itu ditambahkan Rani Anggraini manager House of Sampoerna bahwa pameran Tanah Air Beta dapat menjadi bahan penjelajahan bagi generasi muda khususnya para milenial memahami dan mengenali seni keramik.

“Kami juga mengundang para milenial dan generasi muda untuk ikut hadir dan menjelajahi pameran ini. Seni keramik juga menjadi bagian dari seni yang perlu diketahui dan dilihat oleh generasi muda. Silahkan hadir dan mengapresiasi karya-karya pada pameran Tanah Air Beta ini,” pungkas Rani, Rabu (4/3/2020).(tok/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs