Sabtu, 27 April 2024

Waspadai Tautan Grub WhatsApp Bisa Muncul di Pencarian Google

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan

Undangan untuk bergabung dalam obrolan grup WhatsApp, yang harusnya bersifat privasi, tiba-tiba bisa ditemukan di Google Search dan tersedia bagi siapa saja yang ingin bergabung.

Seorang jurnalis, Jordan Wildon, lewat Twitter mengatakan bahwa dia menemukan fitur WhatsApp “Invite to Group Link” di daftar indeks Google yang membuatnya masuk dalam layanan itu karena tautan tersebut dibagikan di luar layanan pesan pribadi WhatsApp.

Laman Motherboard dapat menemukan grup pribadi menggunakan alat pencarian tertentu milik Google, dan hasilnya ditemukan banyak grup, termasuk grup berbagi konten porno.

Begitu bergabung dengan sebuah grup, kita akan memiliki akses ke semua peserta dan nomor telepon mereka.

Admin grup dapat membatalkan tautan ke obrolan jika mereka mau, namun Wildon mengatakan dia menemukan bahwa dalam situasi itu WhatsApp hanya menghasilkan tautan baru dan tidak menonaktifkan tautan asli.

Tautan grup WhatsApp dilengkapi dengan peringatan yang terlampir, mengingatkan orang yang membuat tautan untuk membaginya hanya dengan orang yang mereka percayai.

Dikutip dari The Verge, Senin, juru bicara Facebook/WhatsApp Alison Bonny dalam email ke The Verge mengatakan bahwa “seperti semua konten yang dibagikan di saluran publik yang dapat ditelusuri, undangan tautan yang diunggah secara publik di internet dapat ditemukan oleh pengguna WhatsApp lainnya.”

Dia menambahkan bahwa “tautan yang digunakan pengguna yang ingin berbagi secara pribadi dengan orang yang mereka kenal dan percayai tidak boleh diunggah di situs web yang dapat diakses publik.”

Melansir Antara, Google menolak memberikan komentar tentang hal tersebut, namun Danny Sullivan, public liaison for search Google, men-tweet bahwa “Mesin pencari seperti Google & orang lain mencantumkan halaman dari web terbuka. Itulah yang terjadi di sini.” (ant/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs