Sabtu, 27 April 2024

WHO Anjurkan Masyarakat Gunakan Masker Medis

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Tedros Adhanom Ghebreyesus Dirjen WHO. Foto: WHO

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperbarui tiga pedoman untuk dalam penggunaan masker selama masa pandemi Covid-19. Berdasarkan update terbaru dari penelitian yang dilakukan, WHO menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker medis karena jaga jarak (physical distancing) saja tidak cukup dan sulit diterapkan.

“WHO menyarankan menggunakan masker medis untuk semua orang yang bekerja di area klinis fasilitas kesehatan, tidak hanya mereka yang berurusan dengan pasien Covid-19,” kata Tedros Adhanom Ghebreyesus Dirjen berdasarkan video yang diunggah akun resmi WHO di Twitter pada Sabtu (6/6/2020).

Kedua, WHO menyarankan kepada orang yang berusia 60 tahun atau lebih untuk menggunakan masker medis. Masker medis juga disarakan bagi mereka yang memiliki penyakit bawaan atau kondisi kesehatan yang berbahaya jika terpapar Covid-19.

Ketiga, WHO juga memperbarui protokol kesehatan terhadap penggunaan masker kain. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan, WHO menganjurkan agar masker kain yang dipakai terdiri dari tiga lapis material yang berbeda.

“Berdasarkan penelitian ini, WHO menyarankan masker harus mengandung paling tidak tiga lapis material yang berbeda. Penggunaan masker ini tidak menggantikan physical distancing, menjaga kebersihan tangan dan protokol kesehatan saat di tempat umum,” tambah Tedros.

Untuk itu, ia meminta pemerintah untuk mendorong masyarakat menggunakan masker sesuai apa yang disarankan WHO jika berada di tempat umum seperti transportasi publik dan di tempat keramaian lainnya yang sulit menerapkan jaga jarak.

“WHO akan terus mengupdate anjuran (protokol kesehatan) kepada dunia dari data paling terbaru sebagai komitmen kita untuk melayani dunia dengan sains, solusi dan solidaritas,” ujarnya.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs