Selasa, 28 September 2021

1.200 Warga Pesisir Sidoarjo Antusias Jalani Vaksinasi dari IKA UA

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Khofifah Ketua Umum IKA UA menyaksikan langsung proses vaksinasi Covid-19 di Kalanganyar, Sedati, Sidoarjo, Sabtu (24/7/2021). Foto: Istimewa

Warga Kalanganyar, Sidoarjo, yang hidup di pesisir pantai antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 yang digelar Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA UA) bersama Fakultas Kedokter Unair dan Pemprov Jatim, Sabtu (24/5/2021).

Berlian Anik Hermina Sekretaris IKA UA Cabang Sidoarjo, mengungkapkan, IKA UA memprioritaskan warga pesisir karena menurutnya, mereka belum mendapatkan akses vaksinasi. Berbeda dengan warga di perkotaan.

“Karena di daerah pesisir dan perkampungan, banyak yang belum terkaver (vaksinasi). Sehingga kami menyasar kampung dan pesisir,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Menurutnya, antusiasme warga yang bermatapencaharian petani tambak ini cukup tinggi. Mereka datang, antre, menjalani pemeriksaan, dapat suntikan vaksin, dan menjalani observasi dengan tertib.

Program vaksinasi Covid-19 di Kalanganyar ini merupakan kegiatan kali kedua yang digelar bersama FK Unair dan Pemprov Jatim setelah sebelumnya mereka menggelar kegiatan serupa di Sidosermo Surabaya.

Sasaran vaksinasi ini, kata Berlian, adalah para pelaku pendidikan, remaja, dan masyarakat di sekitar Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Sidoarjo.

Kegiatan yang dihadiri Khofifah Gubernur Jatim sekaligus Ketua Umum IKA UA, Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo, Kepala Dinas Provinsi Jatim, serta perwakilan FK Unair itu menargetkan 1.200 orang mendapatkan vaksin Covid-19.

Berlian bilang, program vaksinasi itu juga merupakan upaya IKA UA membantu pemerintah mencapai target cakupan vaksinasi Covid-19 hingga 70 persen jumlah penduduk Jatim.

“Kami berharap apa yang sudah menjadi target vaksinasi untuk segera mewujudkan herd immunity (kekebalan kebisa terpenuhi, ” jelas dia.

Zaenuri, salah seorang warga setempat mengaku tegang saat menunggu antren. ” Saya takut, tapi kata perawat suntikannya enggak sakit, ” ujarnya.

Dia mwngikuti vaksinasi setelag mendengar informasi di media massa. Kabarnya, warga yang sudah divaksin lebih aman dari virus Covid-19. ” Vaksin ini ihtiar saya, semoga sehat enggak terkena virus,” imbuh dia.

Kegiatan ini wujud mendekatkan IKA Unair di tengah persoalan kemasyarakatan. Yakni membantu pemerintah dalam mendekatkan akses penyaluran vaksin kepada masyarakat.

Selain vaksinasi, dalam kegiatan yang sama, IKA UA juga memberikan bantuan perlengkapan protokol kesehatan kepada Desa Kalanganyar.

Antara lain 2 sprayer disinfektan, 10 liter disinfektan, 300 lembar masker kain, 25 set baju hazmat, 200 sarung tangan lateks, 10 liter hand sanitizer, 5 face shield, juga 5 kacamata goggles.

IKA UA juga memberikan bantuan lain berupa 100 strip vitamin C, 2 pasang sepatu boot, 2 unit thermometer gun, 5 timba cuci tangan, serta 5 unit dudukan timba cuci tangan.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Mobil Terperosok di depan RSAL dr Ramelan A.Yani

Antre Vaksin di T2 Juanda

Kebakaran Lahan Kosong Darmo Permai

Surabaya
Selasa, 28 September 2021
32o
Kurs