Kamis, 2 Februari 2023

180 Kabupaten/Kota Zona Merah Covid-19, Rekor Terbanyak selama Pandemi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Prof Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar sekaligus Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19. Foto: Antara

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, daerah dengan risiko tinggi (zona merah) penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin banyak.

Berdasarkan data pekan ini, ada 180 kabupaten/kota berstatus zona merah. Melonjak dari pekan sebelumnya 129 kabupaten/kota.

Jumlah zona merah itu tercatat yang paling banyak sejak Pandemi Covid-19 terdeteksi di Tanah Air.

Dalam keterangan pers virtual, sore hari ini, Kamis (22/7/2021), Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, dari 180 zona merah, paling banyak (33 daerah) di Jawa Timur.

“Zonasi risiko tingkat kabupaten/kota saat ini menunjukan perkembangan ke arah yang kurang baik. Saat ini, kabupaten/kota dengan zona risiko tinggi atau zona merah jadi terbanyak sepanjang pandemi. 180 kabupaten/kota,” ujarnya.

Sebelum kebijakan relaksasi atau pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat dimulai 26 Juli 2021, Satgas mengimbau seluruh elemen pemerintah dan masyarakat bergotong royong.

Kerja sama itu diperlukan untuk meningkatkan pengetesan (testing), meningkatkan kesembuhan, menekan angka kematian, sehingga berimbas pada menurunnya zona merah.

Sementara itu, jumlah daerah yang masuk kategori penyebaran sedang (zona oranye), pekan ini ada 281 kabupaten/kota.

Kemudian, daerah dengan risiko rendah (zona kuning) sebanyak 51 kabupaten/kota, dan cuma ada satu daerah yang tidak ada kasus (zona hijau), serta satu daerah tidak terdampak pandemi.

Sekadar informasi, peta zonasi risiko daerah ditentukan berdasarkan indikator kesehatan masyarakat menggunakan skoring dan pembobotan.

Indikator yang dipakai yaitu epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.(rid/tin)

Berita Terkait