Minggu, 16 Januari 2022

342 Lulusan Poltekbang Surabaya Ditantang Jadi The First Class Airman

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Sebanyak 342 taruna dan taruni Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya yang mengikuti Sidang Senat Terbuka dengan Agenda Tunggal Yudisium XVI, Jumat (17/09/2021), ditantang menjadi The First Class Airman.

Dalam prosesi yudisium yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kampus Poltekbang Surabaya itu, ratusan taruna taruni itu dinyatakan telah lulus, ditandai pemberian surat tanda kelulusan dan pengalungan samir atau selempang.

M Andra Aditiyawarnan Direktur Poltekbang Surabaya yang membacakan pernyataan kelulusan bagi para taruna taruni itu, kemudian menyampaikan sambutan dan pesan-pesan.

“Para taruna dan taruni ini lulus berdasarkan penilaian akdemik dan non akademik yang berlaku di Poltekbang Surabaya dan berhak menyandang gelar ahli madya di bidang penerbangan,” kata Andra Aditiyawarman.

Turut hadir dalam kegiatan itu Nur Isnin Istiarto Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub dan Heri Sudarmaji Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kemenhub.

“Selamat kepada taruna taruni yang berhasil menyelesaikan pendidikan. Saya harap seluruh pengetahuan, keterampilan, dan sikap mental selama mengikuti pendidikan bisa menjadi bekal bermasyarakat, berkarya, serta dalam melaksanakan tugas untuk nusa dan bangsa,” ujar Nur Isnin Istiarto.

Di momen yudisium yang bertepatan dengan Peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2021 itu, Nur Isnin mengajak para insan perhubungan terus bergerak mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh.

Heri Sudarmaji Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Udara Kemenhub berharap lulusan Poltekbang Surabaya menerapkan ilmunya untuk berkarya seluas-luasnya di dunia penerbangan.

“Sebagaimana slogan civitas akademika Poltekbang Surabaya yaitu Be The First Class Airman, kalian harus mampu menunjukkan kepada dunia, lulusan Pendidikan Tinggi Penerbangan di bawah Kemenhub, terutama Poltekbang Surabaya, adalah The First Class Airman,” kata Heri.

Sidang Senat Terbuka Yudisium XVI itu berlangsung secara luring dan daring via aplikasi zoom dan streaming youtube Poltekbang Surabaya.

Lulusan Poltekbang Surabaya XVI berasal dari sejumlah program studi. Di antaranya Diploma III Teknik Listrik Bandara Angkatan 13 dan Diploma III Teknik Navigasi Udara Angkatan 11.

Selanjutnya ada dari Diploma III Lalu Lintas Udara Angkatan 11A dan 11 B, Diploma III Teknik Pesawat Udara Angkatan 4A, 4B, 4C, 4D dan 4E, juga Diploma III Manajemen Transportasi Udara Angkatan 4A dan 4B.

Kemudian ada juga dari Diploma III Komunikasi Penerbangan Angkatan 4A dan 4B, serta Diploma III Teknik Bangunan dan Landasan Angkatan 3A dan 3B.

Selanjutnya, para lulusan Poltekbang Surabaya XVI akan mengikuti Wisuda Terpadu Perwira Transportasi di Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug pada 29 September 2021.

Mereka akan diwisuda bersama dengan seluruh lulusan sekolah/perguruan tinggi perhubungan se-Indonesia di bawah naungan Kementerian Perhubungan, yang rencananya akan dihadiri Mahfud MD Menkopolhukam.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Minggu, 16 Januari 2022
31o
Kurs